Buah Durian memang memiliki sekmentasi pasar yang besar di Indonesia. Berbeda dengan buah lainnya, buah durian mampu membuat sebagian masyarakat fanatik dan sebagian alergi. Bagi masyrakat yang fanatik dengan buah durian, rela mendapatkan buah durian terbaik meski dengan harga mahal sekalipun.

Peluang besar bagi anda yang memiliki lahan untuk mengebunkan si raja buah ini. Untuk satu pohon durian remaja usia 3 tahun mampu berbuah dengan jumlah ideal 8-10 buah untuk jenis buah dengan ukuran sedang atau normal. Ada banyak hal yang perlu anda ketahuai untuk membudidayakan buah durian. Pada artikel kali ini kami akan memembagikan pengetahuan dan pengalaman kami dalam membudidayakan durian. Berikut kami tulis langkah langkah yang harus anda perhitungkan dalam rangka membudidayakan atau menanam durian tahap demi tahap, untuk itu kami berharap artikel ini anda baca sampai selesai agar informasi yang kami sampaikan bisa tuntas.

Memilih Bibit Durian

Dalam membudidayakan buah durian yang perlu anda ketahui pertama kali adalah pemilihan bibit durian.
Bibit durian yang bagus bukan hanya karena jenis duriannya yang bagus, selain jenis durian cara perbanyakan bibit durian dan ciri-ciri bibit durian yang bagus juga harus anda ketahui.

Jenis Bibit Durian Unggul

Sampai saat ini ada banyak sekali bibit jenis bibit durian yang sudah tersebar di Indoesia, sebagian merupakan jenis durian dari negara lain seperti Thailand dan Malaysia. Sebenarnya jenis durian lokal banyak yang bagus dan unggul namun belum banyak diketahui masyarakat, sehingga dalam artikel ini kami tuliskan jenis durian unggul yang sudah dipatenkan.

Bagaimana menentukan jenis durian unggul?

Yang termasuk durian unggul adalah durian yang memiliki banyak keunggulan dibeberapa hal dan minim kekurangan. Beberpa hal tersebut yaitu ukuran buah durian, ketebalan daging buah, rasa buah, warna daging buah, ukuran biji, produktivitas buah serta ketahanan tanaman terhadap hama atau penyakit.

Tidak ada buah durian yang memiliki keunggulan sempurna, rata-rata unggul dibeberapa aspek sehingga anda bisa memilih jenis durian yang unggul dalam aspek apanya? Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa jenis durian unggul yang bagus untuk dibudidayakan.

Durian Musang King

Durian musang king berasal dari Malaysia, di negara asalnya jenis ini juga disebut durian kunyit atau durian mata kucing. Nama lian tersebut disematkan karena keunggulan yang menjadi ciri buah durian musang king.

Aspek Keunggulan Durian Musang King

  1. Rasa Buah Durian Musangking ini memang benar-benar nikmat, dengan manis legit dan sedikit pahit membuat rasa durian musang king sangat unggul dalam rasa dan juga aroma.
  2. Warna Daging Buah Durian Musang King sangat menggoda mata, yaitu berwarna orange mirip kunyit. Hal ini yang membuat sebagian masyarakat menyebutnya durian kunyit.
  3. Daging Buah Durian Musangking sangat tebal, sekitar 85%daging buah dan 15%biji sehingga mampu memberikan kepuasan bagi penikmatnya.
  4. Biji Buah sebenarnya berukuran sama dengan biji durian pada umumnya, hanya saja bentuk bijinya pipih atau kempes. Ini yang membuat durian musang king dijuluki mata kucing, karena sangat tipisnya seperti mata kucing.
  5. Buah durian mudah matang, meski belum terlalu tua/belum masak pohon buah mampu masak sempurna dengan cara diperam sekitar 2-4 hari.
  6. Tergolong durian genjah, untuk pohon usia 3-4 tahun mampu berbuah 9-10 buah dan tiap tahunnya meningkat bisa 2 kali lipat tergantung perawatan.
  7. Harga buah sangat fantastis, harga buah durian musangking ditingkat petani dikisaran Rp 125.000/kg (termasuk kulit buah)

CATATAN :
Menurut pengalaman kami, jumlah produksi pohon durian bukan hanya karena tinggi pohon maupun usia pohon, melainkan jumlah daun pada pahan tersebut. Semakin rimbun pohon, semakin mampu membuahkan buah dengan jumlah lebih banyak. Berdsarkan pengalaman kami, untuk jenis durian dengan ukuran buah besar seperti montong yang mampu mencapai berat 8kg-10kg minimal harus ada dun 400 helai untuk 1 buah. Sedangkan untuk jenis durian dengan ukuran buah sedang seperti musang king minimal harus ada 250 helai daun untuk 1 buah durian. Bila kurang biasanya bunga/pentil buah akan rontok atau saat buah matang, ranting akan mengering.

Kekurangan Durian Musangking

Menurut kami durian musangking ini hanya memiliki satu kekurangan yaitu ukuran buah yang tidak terlalu besar. Rata-rata ukuran buah durian musangking 2kg -3kg, dengan diameter buah rata-rata 20 cm.

Baca Selengkapnya Durian Musang King Pada Artikel Berikut Ini

Durian Montong

durian montong
durian montong

Jenis durian montong berasal dari Thailand. Jenis ini menjadi primadona karena memiliki beberapa aspek keunggulan, aspek ukuran buah yang besar merupakan aspek uatama keunggulan buah ini.

Apa saja keunggulan jenis Durian Montong

  1. Ukuran buah sangat jumbo. Seperti yang saya sebutkan diatas, pertama kali melihat buah durian montong pasti anda akan takjub karena ukuran buahnya yang besar. Berat buah bisa durian montong antara 6kg sampai 10kg. Dengan bentuk buah yang tidak rata atau benjol benjol.
  2. Daging sangat tebal, persentasi daging buah dibandingan biji seitar 75% daging buan dan 25% biji. mesi begitu daging buah benear benar tebal. Dari seian durian yang pernah saya cicipi, durian montong memiliki daging buah paling tebal.
  3. Rasa buah tergolong lezat, dengan dominan manis dan sangat sedikit rasa pahit.
  4. Harga buah relatif masih mahal, harga jual ditingkat petani Rp 50.000 – Rp 75.000/kg (buah beserta kulitnya).

Kekurangan Durian Montong

  1. Matangnya sedikit lebih lama, untuk buah yang dipetik saat buah sudah tua maupun buah matang yang jatuh sendiri dari pohonnya harus diperam terlebih dahulu, kira-kira 3-5 hari. Namun bila anda salah meilih petik buah yang masih muda, maka waktu pemeraman akan lebih lama bisa sampai 7-9 hari.
  2. Karena buah sangat besar sehingga dalam satu pohon jumlah buah tidak sebanyak durian musangking atau sejenis durian dengan ukuran sedang lainnya.

Baca Selengkapnya Durian Montong Pada Artikel Berikut Ini

Durian Bawor

bibit durian bawor

Durian jenis bawor ini hampir mirip dengan durian montong, berasal dari Indonesia tepatnya daerah Banyumas. Dari segi ukuran, rasa dan ketebalan buah durian bawor sebanding dengan durian montong. Bisa dikatakan Aspek keunggulan durian bawor sama dengan durian montong, namun menurut kami sedkit perbedaan pada kecepatan kematangan buah. Durian bawor lebih mudah matang dibandingkan durian montong.

Kekurangan dari durian bawor adalah tingkat ketahanan tanaman terhadap serangan hama atau penyakit lebih rendah sehingga menurut kami pemilihan bibit durian bawor kaki ganda lebIH kami sarankan.

Apa itu bibit durian kaki ganda?

Penjelasannya akan kami uraikan pada bagian ahir artikel ini.

Baca Selengkapnya Durian Bawor Pada Artikel Berikut Ini

Durian Petruk

bibit durian petruk

Durian petruk juga merupakan durian asli Indonesia tepatnya berasal dari daerah Jepara. Durian ini merupakan salah satu durian yang bagus cocok untuk dibudidayakan di daerah dataran rendah.

Aspek Keunggulan Durian Petruk

  1. Rasa buah lezat, manis legit sedikit pahit
  2. Daging buah tebal
  3. Produktivitas pohon relatif tinggi hampir sebanding dengan durian musangking
  4. Ukuran buah standart, berat rata-rata 3-4 kg/buah (beserta kulit)
  5. Mampu tumbuh dengan baik didataran rendah

Kekurangan Durian Petruk

  1. Ketahanan tanaman terhadap penyakit dan hama agak rendah, perlu peawatan yang baik untuk tanaman durian jenis ini.

Baca Selengkapnya Durian Petruk Pada Artikel Berikut Ini

Durian Merah

bibit durian merah

Durian Merah Banyuwangi memang tergolong masih sedikit/langka di Indonesia, meskipun durian ini berasal dari Indonesia tepatnya daerah Banyuwangi. Sesuai namanya, durian ini memiliki daging buah berwarna merah. Untuk rasanya sendiri saya belum pernah mencicipi, namun dari beberapa pengakuan kawan kawan yang sudah mencicipi durian merah. Durian ini tergolong lezat.

Keunggulan Durian Merah Banyuwangi

  1. Warna daging buah beda dengan durian lain, berwarna merah pekat.
  2. Daging buah tebal
  3. Memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh lebih banyak dibandingkan durian jenis lain. Hal ini dikarenakan sebelum perkawinan silang yang lahir durian merah, sebelumnya indukan merupakan buah durian yang berwarna merah namun berasa pahit dan dijadikan obat dijaman kerajaan zaman dahulu.
  4. Harga buah sangat mahal, untuk pastinya saya sendiri belum tahu karena sampai saat ini belum pernah kebagian. Ditaksir masih lebih tinggi atau setara dengan harga durian musang king.
  5. Sangat prospek untuk dibudidayakan karena permintaan pasar masih terbuka lebar dan stok buahnya pun masih sangat sedikit sekali

Kelemahan Durian Merah

  1. Ukuran buah tidak terlalu besar
  2. Banyak beradar bibit durian merah yang tidak asli

Baca Selengkapnya Durian Merah Pada Artikel Berikut Ini

Durian Pelangi

bibit durian pelangi

 

 

Durian pelangi juga merupakan durian asli Indoneisa tepatnya dari daerah Manokwari, sehingga lebih terkenal dengan durian pelangi manokwari. Sesuai namanya durian ini memilki warna daging buah yang tidak seperti durian pada umumnya,yaitu gradasi warna antara putih, kuning dan merah.

Keunggulan durian Pelangi

  1. Rasa buah sangat lezat
  2. Ukuran buah lumayan besar
  3. Harga buahnya pun relatif masih mahal karena belum banyak yang mengebunkan
  4. Warna daging buah sangat menarik
  5. Daging buah lumayan tebal

Baca Selengkapnya Durian Pelangi Pada Artikel Berikut Ini

Cara Perbanyakan Bibit Durian Yang Bagus Untuk Ditanam

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah menanam bibit durian dari perbanyakan Vegetatif, ini merupakan kunci agar tanaman durian cepat berbuah meski pohon masih pendek. Berbeda dengan perbanyakan nsecara generatif yaitu biji, butuh waktu lama agar pohon durian berbuah, bisa lebih dari 7 tahun.

Dengan perbanyakan secara vegetatif pohon durian bisa berbuah saat berusia 3-4 tahun, tinggi pohon baru sekitar 3 meteran.

Seperti apakaha perbanyakan bibit durian secara vegetatif?

  1. Bibit durian okulasi, yaitu dengan cara menempelkan mata tunas pada batang bawah (seedling). Baca selengkapnya disini
  2. Bibit Durian sambung pucuk, yaitu dengan cara menyambungkan tunas durian unggul dibagian ujung batang bawah. Baca Selengkapnya disini
  3. Bibit Durian cangkok, sebenarnya hampir mirip dengan tanaman lainnya namun ada sedikit perbedaan agar tanaman durian berhasil dicangkok.

Ciri Ciri Bibit Durian yang Bagus

  1. Memiliki batang bawah yang sehat dan tidak terlalu kecil
  2. Ketinggian bibit minimal 60 cm
  3. Daun sehat dan tidak berkarat
  4. Bisa memilih bibit kaki tunggal atau ganda, bibit durian kaki ganda memang lebih bagus tapi mitis bahwa kaki ganda mampu membuat tanaman tumbuh lebih cepat menurut kami tidak benar. Kaki ganda hanya kan membuat pertumbuhan optimal, selain itu bila salah satu batang terserang kangker batang, masih ada batang lain sebagai cadangan.
  5. Tidak ada bubuk bubuk putih dibagian batang, karena menandakan ada larva lalt daun didalam batang. Ini sangat berbahaya bagi tanaman. Untuk ulasannya akan saya jelaskan pada artikel berikutnya.

Menentukan Jarak Tanam Durian

Untuk menanam bibit durian hal yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah jarak tanam, hal ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

Jarak tanam yang ideal untuk durian antara 6m sampai 8m, minimal 5 meter. Hal ini ditujukan agar nantu tajuk pohon antar tanaman tidak bertabrakan sehingga cahaya matahari tidak bisa full menyinari seluruh daun. Selain itu pohon durian akan tumbuh lebih bagus ketika permukaan tanah (batanh bagian bawah) terkena paparan sinar matahari.

Saat bibit masih kecil, jarak tersebut memang terlihat sangat lebar. Karena tanaman belum memiliki tajuk yang panjang.

Bila anda ingin memanfaatkan jarak antar tanaman bisa anda tumpang sari dengan tanaman lain yang umurnya tidak terlalu panjang, semisal kacang kacangan, sayuran, cabai, atau tanaman buah seperti jambu biji, pepaya. Yang terpenting bibit durian tetap terkena paparan sinar matahari.

Menentukan Daerah Yang Cocok Untuk di Tanami Durian

Sebenernya tanaman durian mampu berbuah disegala tempat dan cuaca, namun tidak semua daerah mampu tumbuh optimal, selain itu terkadang meski jenis duriannya sama bisa berbuah dengan kwalitas berbeda karena ketinggian tempat dan cuaca berbeda.

Untuk daerah yang optimal untuk tanaman durian yaitu daerah dengan ketinggian antara 300 mdpl-800mdpl. Untuk jenis tertentu seperi durian petruk mampu tumbuh optimal diketinggian 50mdpl-200mdpl.

Demikina tadi ulasan tentang tanaman durian mulai dari bibit durian hingga penanaman durian. Bila ada pertanyaan atau sanggahan silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah ini, semoga pertanian buah durian Indonesia semkain maju dengan durian durian unggulan lokal Indonesia.

JUAL BIBIT DURIAN UNGGULAN SAAT INI

CEK STOK & HARGA BIBIT DURIAN
Hubungi 085 729 777 657

-BIBIT BUAHKU-

Jual Bibit Durian Unggul Cepat Berbuah Jenis Durian Musangking, Durian Merah, Durian Montong, Durian Bawor, Durian Petruk, Durian Pelangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *