Siapa yang tak suka durian. Mencium baunya saja yang semerbak mewangi pasti sudah membuat siapa saja yang mau memakannya seketika langsung keluar air liur untuk segera mencicipinya. Yah buah yang sering disebut-sebut sebagai “rajanya buah” ini memang selalu bikin penasaran untuk diulik isinya. Kita seolah-olah belum jadi orang, kalau belum pernah makan durian.

Begitu tinginya animo masyarakat terhadap buah durian ini tentu menjadi peluang menggiurkan bagi petani durian. Makanya tak heran kalau belakangan ini banyak para penggarap sawah yang mulai memberanikan diri mengonversi lahan persawahannya untuk ditanami durian. Lha gimana, wong menanam durian itu untungnya sangat menggiurkan. Makanya banyak orang-orang berlomba-lomba membudidayakan durian.

pohon durian pendek berbuah

Ngomong-ngomong soal budidaya buah durian. Ada banyak teknik membudidayakan buah ini yang cukup variatif. Penanaman pada durian pendek misalnya. Buku-buku yang membahas tata cara menanam jenis durian pendek cukup banyak beredar. Buku terakhir yang terbit bagaimana caranya membudidayakan datang dari karyanya Haryanto Budiman, dengan judul bukunya Sukses Bertanam Durian. Lewat bukunya Haryanto Budiman yang sangat komprehensif dalam mengulas bagaimana caranya membudidayakan durian. Dapat kita ambil suatu konklusi gimana caranya agar budidaya durian bisa sukses sebagaimana uraian berikut ini. Untuk membuat anda lebih tertarik, bisa anda lihat video ini terlebih dahulu

Pilihlah Lokasi Penanaman dengan Lahan yang Sesuai.

Lahan yang mau ditanami dimana harus kalian pikirkan terlebih dahulu sebelum “ancang-ancang” membeli bibit durian. Syarat tanah yang baik agar tumbuh kembang durian bisa secepat kilat yaitu tanahnya gembur. Ini sudah pasti, dan ketentuan umunya yang jelas-jelas harus dipenuhi. Sementara untuk tinggi tanahnya. Lebih baik kalian pilih saja tanah yang berada pada ketinggian antara 50-1000 meter.

Kalau tanah yang Anda miliki masih di bawah 50 meter si memang masih bisa kemungkinan durian bisa tumbuh. Hanya saja kalian perlu berjuang sekuat tenaga dalam mengeluarkan duit, untuk melakukan teknik rekayasa iklim yang butuh dana besar. Jika dana terbatas lebih baik tunda dulu. Atau bisa anda tanam jenis Durian Petruk yang cocok untuk dataran rendah.

Bibit Duriannya Harus Bagus, Jangan Pilih Kualitas Rendahan.

bibit durian bagus

Kelemahan buah durian pendek adalah resistensi tumbuhnya yang kurang tahan terhadap gangguan fungi. Maka dari itu Anda perlu sekali membeli bibit durian yang bagus untuk anda budidayakan. Beberapa kriteria bibit durian yang bagus dan cepat berbuah yaitu:

Kwalitas Bibit

Anda perlu sekali membeli bibit durian yang berkwalitas. Penjual bibit durian yang bagus saat ini bisa dibilang sedikit. Hanya satu dua saja yang bagus di wilayah Jawa Tengah. Salah satu toko tanaman yang direkomendasikan untuk membeli bibi durian pendek yaitu ada di situs Bibit Buahku. atau melalui kami. Ada banyak sekali keunggulan yang akan didapat jika kalian membeli tanaman di situs itu.

Perbanyakan Bibit Durian

Pilihlah bibit durian cangkok, okulasi atau sambung pucuk. Perbanyakan dengan cara tersebut mampu mempercepat taaman berbuah, selain itu sifat indukannya juga akan diwarisi sempurna.

Jenis Durian

Jika kedua kriteria tersebut sudah terpenuhi kami merekomendasikan untuk menanam bibit dengan jenis yang bagus. Apa saja jenis bibit durian yang bagus? Jenis durian yang bagus adalah jenis durian yang memiliki keunggulan, misalkan. Bibit durian musangking unggul dalam rasa, Bibit durian montong dan Bibit durian bawor unggul dalam ukuran, Bibit durian merah unggul dalam manfaat atau khasiat dan masih banyak lagi. Selengkapnya bisa anda baca disini

Ketinggian Bibit

Kriteria ke empat ini juga bisa anda sesuiakan dengan kemampuan anda, karena semakin tinggi dan tua usia bibit harga akan semakin mahal. Setidaknya sebagai acuan, tanamlah bibit dengan ketingginan minimal 60cm dan maksimal 2 meter. Jika terlalu tinggi atau besar, kemungkinan terbaiknya adalah pohon akan cepat berbuah namun kemungkinan terburuknya adalah pohon mudah stres karena pohon yang sudah besar memiliki akar yag sudah besar pula dan kebanyakan dari hasil puteran (penggalian pohon durian yang sebelumnya sudah ditanam di lahan).

Lakukanlah Penggemburan Tanah, dengan Menyangkulnya Secara Merata.

Penggemburan tanah bisa membuat struktur tanahnya menjadi kaya akan zat hara. Maka proses yang satu ini harus kalian lakukan . Tanah yang sudah dicangkul kemudian bubuhkanlah pupuk secukupnya. Diamkan tanah itu sampai satu minggu lamanya.

Setelah satu minggu di diamkan. Maka penanam durian pendek bisa dimulai. Saran yang direkomendasikan. Lebih baik Anda masukan bibit durian ke dalam sebuah lubang, yang diberi jarak 8 meter antar lubang lainya. Penjarakan sejauh 8 meter ini dimaksudkan agar durian bisa cepat tumbuh.

tanam lebih dari satu, maka buatlah lubang tanam dengan jarak 8 meter. Penanaman bibit durian dilakukan dengan cara memasukkan ke dalam lubang dan ditimbun hingga sebatas leher akar. Pastikan bibit dalam posisi tegak lurus saat ditanam. Baru setelah di tanam, Anda tinggal rawat saja deh. Supaya sebisa mungkin tidak ada gulma yang merekat pada tanaman durian pendek Anda. Pasti dalam hitungan bulan ke depan, nanti buah duriannya akan sukses berbuah.

Perawatan Pohon Durian

 

pemupukan pohon durian

Dalam merawat pohon durian sebenarnya tidaklah sesulit yang anda bayangkan agar cepat berbuah. Terpenting kriteria diatas sudah terpenuhi maka perawatnnya pun juga akan lebuh mudah. beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah sebagi berikut:

Penyiraman

Jika penanaman dilakukan saat musim hujan, maka anda tidak perlu repot untuk menyiram, namun bila anda tanam saat musim kemarau, siramlah bibit idealnya 2 hari sekali. Lakukan penyiraman ssebelum mahatari terbit (sinar matahari belum panas), atau setelah matahari terbit (matahari sudah tidak panas).

Pemupukan

Pemupukan tanaman durian bisa menggunakan pupuk kimia seperti NPK cukup 3 bulan sekali, atau pupuk organik seperti kotoran kambing yang sudah difermentasi cukup 2 bulan sekali. Sesekali tambahkan unsur mikro tanaman, agar pohon cepat berbuah dan kwalitas buahnya lebih bagus. Bisa anda semprot pupuk daun cukup 4 bulan sekali.

Penanggulangan Hama

Lakukan penyemprotaninsectisida pada tanaman durian anda, bisa anda gunakan dencis dengan cara disemprotkan pada seluruh permukaan tanaman. Selain itu bisa anda gunakan Furadan dengan cara ditaburkan dibagian tanah, dilakukan setiap 7 hari sekali selama 4 kali aplikasi, lakukan lagi setelah 4 bulan kedepan.

Demikian tadi artikel kami tentang Cara Menanam Durian Pendek 3 Tahun Berbuah. Semoga dengan artikel ini, tanaman durian anda akan cepat berbuah dan berbuah maksimal. Untuk lebih lengkapnya bisa anda baca artikel kami Menanam Bibit Durian Cepat Berbuah dari A sampai Z.

Support kami bila artikel ini bermanfaat dengan cara membgaikan artikel ini kepada kawan kawan anda. Terimakasih

JUAL BIBIT DURIAN UNGGULAN

CEK HARGA & STOK
Hubungi 085 729 777 657

-BIBIT BUAHKU-

Cara Menanam Durian Pendek 3 Tahun Berbuah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *