CARA MENANAM TABULAMPOT JAMBU BIJI GETAS MERAH

Buah jambu biji merupakan salah satu buah dengan nilai ekonomis tinggi. Merupakan buah tropis, tentu menjadikan Indonesia sebagai habitat baik untuk jambu biji dibudidayakan. Mengingat juga bahwa jambu biji sangat banyak manfaatnya. Apalagi manfaat tersebut tak hanya terkandung dalam buahnya, melainkan juga pada bagian-bagian lain pada pohon jambu biji seperti daun maupun batangnya.

Di Indonesia, tumbuh banyak sekali varietas jambu biji. Jambu biji getas merah merupakan salah satunya, termasuk pula dalam varietas unggul yang manfaatnya sudah tersohor dalam pengobatan alternatif Demam Berdarah Dengue. Buahnya berbentuk bulat, dengan warna kulit hijau kekuningan. Daging buahnya berwarna pink hingga pink tua saat buah makin matang. Selain dikonsumsi segar, getas merah sangatlah nikmat bila dijadikan jus buah.

Pohon jambu biji getas merah termasuk tanaman perdu dengan percabangan yang rendah. Batangnya memiliki kulit dengan warna cokelat kemerahan. Menanam pohon jambu biji getas merah bagi anda yang tidak memiliki lahan luas bisa dicoba ditanam di dalam pot. Menanam bibit di dalam pot tentunya memiliki metode yang sedikit berbeda dengan menanam bibit di lahan luas. Beberapa hal harus diperhatikan supaya anda dapatkan hasil maksimal dari tabulampot jambu biji getas merah yang hendak anda tanam.

Gunakan pot yang berukuran diameter minimal 60cm. Apabila sulit bagi anda menemukan pot dengan ukuran tersebut, cobalah untuk menggunakan drum bekas atau wadah apapun dengan ukuran yang sama. Namun jangan sampai lupa untuk membuat lubang drainase pada bagian dasarnya. Media tanam yang perlu anda persiapkan pun sederhana dan tidak mahal. Yaitu tanah gembur dan pupuk kandang. Dengan perbandingan 1 : 1, ampurlah kedua bahan tersebut hingga rata. Masukkan media tanam ke dalam pot kurang lebih hingga mencapai ½ dari volume pot yang anda gunakan. Selanjutnya buat lubang tanam pada bagian tengahnya, letakkan bibit yang sudah dilepas polybagnya di lubang tersebut. Tutup kembali menggunakan media tanam hingga hampir memenuhi pot. Setelah itu lakukan penyiraman hingga media tanam jenuh air.

Seiring dengan pertumbuhan tabulampot anda, jangan lupa untuk selalu melakukan pemeliharaan. Menyiram tabulampot jambu biji getas merah dapat anda lakukan dua kali setiap harinya. Namun, apabila musim penghujan, frekuensi tersebut dapat anda kurangi. Yang terpenting adalah untuk selalu memperhatikan kondisi media tanam dalam keadaan kering atau basah.

CARA MENANAM TABULAMPOT JAMBU BIJI GETAS MERAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *