Rahasia Membudidayakan Tanaman Buah Durian

Buah durian menyandang predikat sebagai raja buah. Bagaimana tidak, daging buahnya sangat lembut, rasa manisnya sangatlah khas dan nikmat. Aromanya pun sangat harum. Sebagai raja buah, pantas saja durian memiliki harga jual tinggi.

Sebagai buah khas Asia Tenggara, buah durian sangat cocok bila dibudidayakan di Indonesia. Bahkan tak sedikit varietas durian unggul lahir dan tumbuh di berbagai tempat di Indonesia. Membudidayakan buah durian sejatinya tidak sulit. Tentu bisa anda jadikan opsi untuk mengolah lahan kosong anda supaya menghasilkan. Menilik harga durian yang tidak pernah turun, dan selalu banyak orang yang mencari untuk menikmati buah durian.

Pohon durian akan tumbuh optimal di daerah dengan ketinggian 50 hingga 800 mdpl dengan curah hujan 1.500-2.500 mm per tahunnya. Bibit yang akan anda gunakan tentunya berpengaruh kepada hasil tanaman durian anda nantinya. Gunakan bibit yang memiliki batang yang sehat dan kokoh, daunnya subur, memiliki minimal 2 sampai 4 cabang, dan tidak terkena infeksi hama atau penyakit lainnya.

Persiapan lahan tanam juga tidak kalah penting. Pohon durian menyukai tanah dengan kondisi apa saja, asalkan kadar keasamannya (pH) 6-7. Apabila tanah yang akan anda gunakan memiliki pH kurang dari 6, maka bisa anda lakukan pengapuran terlebih dahulu. Usahakan lahan anda menerima cukup sinar matahari, karena pohon durian menyukai tempat yang berlimpah sinar mataharinya.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50×50 cm. Bila anda ingin menanam dalam jumlah banyak, bisa diberi jarak antar lubang kurang lebih 10×10 meter. Tanah dari galian lubang tanam dicampur rata dengan pupuk kandang yang maang dan kompos, dengan rasio 1:1:1. Masukkan campuran media tanam tersebut hingga setengah volume lubang tanam, dan diamkan selama kurang lebih 6-7 hari. Setelah 7 hari, lubang tanam siap ditanami bibit. Usahakan menanam bibt di sore hari, supaya pohon yang akan anda tanam tidak langsung terkena sinar matahari yang terlampau terik. Bila pada bibit yang akan anda tanam masih terpasang polybag, sobek terlebih dahulu dengan menggunakan gunting secara perlahan. Usahakan jangan sampai merusak tanahnya supaya pohon tidak stress. Letakkan di bagian tengah lubang tanam, lalu padatkan media tanamnya. Setelah itu dapat anda lakukan penyiraman secukupnya dengan cara menghindari air terbentur ke batang pohon. Cara tersebut perlu anda terapkan hingga batang pohon tumbuh kokoh.

Rahasia Membudidayakan Tanaman Buah Durian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *