menanam jeruk

Siapa yang tidak mengenal buah jeruk, jeruk atau limau adalah buah yang termasuk dalam anggota Citrus dari suku Rutaceae atau suku jeruk-jerukan. Pohon jeruk mempunyai duri yang tajam dengan ukuran duri yang besar maupun kecil tergantung dari jenis jeruk yang ditanam. Rasa yang ditimbulkan pada buah jeruk ini yaitu memiliki rasa asam yang menyegarkan, dan ada juga jeruk yang mempunyai rasa manis.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menanam bibit jeruk maupun lemon yaitu:

Persiapan Media Tanam

Penanaman Bibit Jeruk di Pot

Pemupukan Tanaman Jeruk

Pengairan/ Penyiraman

Penyiangan

Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Jeruk

Pemanenan Buah Jeruk

Tips untuk memanen buah jeruk

Tips Menanam Buah Jeruk di Lahan

Jeruk sendiri berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Jeruk manis dan lemon berasal dari wilayah Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis, maupun jeruk purut berasal dari wilyah Asia Tenggara.

Untuk manfaatnya sendiri, jeruk mempunyai beragam vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Jeruk memang dikenal akan kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi, namun tidak hanya vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk tetapi terdapat juga nutrisi lain sepeti protein, kalori, kadungan serat yang sangat tinggi untuk kelancaran pencernaan, dan juga mineral yang penting untuk perkembangan gizi anak dan juga perkembangan gizi orang dewasa.

Selain diolah menjadi bahan makanan ataupun minuman yang lezat, sekarang jeruk juga diolah menjadi bahan kosmetik dan juga sebagai bahan pembuat parfum. Kandungan yang ada pada jeruk dapat membuat kulit kita menjadi lebih cerah, dan wangi jeruk yang sangat khas sehingga banyak yang menyukainya, sehingga banyak yang mengolah jeruk menjadi salah satu bahan pembuat parfum.

Banyak skali ya manfaat buah jeruk ini, bagi anda yang ingin menanam buah jeruk namun belum mengetahui bagaimana cara yang baik dan benar untuk menanam buah jeruk, mari kita simak cara-cara berikut ini :

1. Persiapkan Media Tanam Pada Pot Maupun Polybag

media tanam bagus

Sebelumnya, untuk bibit yang ingin ditanam sebaiknya gunakan bibit buah jeruk yang dihasilkan dari okulasi yang biasanya dapat kita temukan padaa toko tanaman.

Pot yang digunakan sebaiknya berasal dari bahan plastik, porselen maupun dari bahan kayu yang dapat kita sesuaikan dengan ukuran bibit buah jeruk yang akan kita tanam selanjutnya.

Untuk media tanamnya sendiri yaitu tanah yang dicampur dengan pupuk atau pasir.

Jika ingin menanam pada lahan, maka hidari menanam benih jeruk yang dekat pada pohon besar, agar pertumbuhan akar pohon jeruk yang akan kita tanam tidak terganggu.

Hal ain yang perlu kita perhatikan adalah media tanam harus benar-benar basah. Media tanam yang sudah dilubangi harus di berikan campuran pupuk kandang, urea maupun KCL dengan perbandingannya 2:2:1

2. Penanaman Bibit Jeruk Dalam Pot

menanam bibit jeruk di pot

Untuk penanaman bibit buah jeruk, jika pada dasar pot atau polybag terdapat lubang, maka sebaiknya dibagian lubang tersebut ditutup dengan menggunakan pecahan genting. Atau setidaknya bagian dasar pot dalam diberi pecahan genting atau bata.

Setelah itu tutuplah dengan media tanam hingga sepertiga bagian pot atau polybag.

Bibit yang ada pada polybag sebelumnya harus dipangkas sebagian pada bagian akarnya.

Letakan bibit yang telah dipangkas sebagian akarnya pada pot yang telah diberi lubang pada bagian tengahnya.

Setelah bibit diletakkan tutuplah lubang yang tersisa hingga memenuhi lubang tersebut.

Setelah itu, siramlah bibit yang telah di taruh ke dalam pot atau polybag tadi dengan air secukupnya, jangan menyiram terlalu banyak karena dapat menyebabkan bibit layu dan akhirnya mati.

Baca Juga : Jenis Jeruk Unggul Yang Cocok Untuk di Budidayakan

JUAL BIBIT LEMON UNGGUL

( Jenis: Lemon Australia, Lemon Lokal, Lemon Amerika, Lemon Tea )

Harga : Rp 60.000
*harga dapat berbubah sewaktu-waktu, cek update 085 729 777 657

Jual bibit lemon

PerbanyakanTempel, sambung sisip, dan okulasi
Tinggi bibitMulai 50cm (ukuran siap tanam)
UsiaSekitar 4 bulan dari sambung
Masa berbuah1.5 tahun – 2 tahun (tergatung perawatan)
TabulampotCocok untuk ditanam didalam pot
Daerah yang optimaldataran sedang – tinggi ( 200 mdpl – 1200 mdpl)
Penyiaramancukup 1-2 hari sekali saat musim kemarau
Pupuk– Kompos/ pupuk kandang (2 bulan sekali)

– Kimia/NPK (4 bulan sekali)

Garansi
  1. Keaslian Bibit
  2. Aman sampai tujuan
  3. Tanaman berbuah lebih cepat

 

3. Pemupukan Tanaman Jeruk

cara pemupukan pohon jeruk

Untuk proses pemupukan, pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk organik maupun pupuk nonorganik. Sebenarnya untuk tanaman lebih disarankan untuk menggunakan pupuk organic seperti pupuk kandang dan kompos yang dapat memperbaiki struktur tanah, banyak mengandung nutrisi, mencegah erosi tanah dan juga tentunya lebih ekonomis, karena pupuk organik dapat kita buat dari sisa-sisa sayuran, buah-buahan, maupun daun-daunan yang banyak kita jumpai setiap harinya.

Pemberian pupuk pada tanaman jeruk takarannya berbeda-beda sesuai dengan usia dan juga jenis buah jeruk yang ditanam itu sendiri

Sekitar satu sampai dua tahun dari bibit yang ditanam, bibit jeruk membutuhkan tiga kali pemupukan selama setahun yaitu saat usia 6 bulan, 9 bulan dan 12 bulan.

Pupuk yang diberikan, ditaburi pada tanaman jeruk, lalu ditumpuk dengan tanah denga ketebalan sekitar 10cm

Pemupukan yang baik agar buah jeruk tumbuh dengan subur yaitu dengan dosis pupuk makro (gr/pohon) :
Tahun 1, urea 80, tsp 170, kcl 170
Tahun 2, urea 160, tsp 325, kcl 250
Tahun 3, urea 250, tsp 500, kcl 325
Tahun 4, urea 325, tsp 170, kcl 425
Tahun 5, urea 400, tsp 210, kcl 500
Tahun 6, urea 500, tsp 250, kcl 600
Tahun 7, urea 600, tsp 300, kcl 700
Tahun 8, urea 700, tsp 325, kcl 780
Tahun 9, urea 780, tsp 390, kcl 850
Tahun 10, urea 850, tsp 425, kcl 900

Dosis untuk Pupuk Organik Cair , yaitu :
0-3 2-3 tutup yang diencerkan, lalu disiramkan pada sekitar pagkal batang pada setiap 4-5 bulan sekali
>3 3-4 tutup yang diencerkan, lalu disiramkan pada sekitar pangkal batang pda setiap 4-5 bulan sekali.
Untuk dosisnya sendiri, sesekali dapat kita semprotkan pada bagian daun.

4. Pengairan

Tanaman jeruk akan tumbuh subur pada suhu udara yang lembab dengan curah hujan yang cukup. Disaat musim kemarau melanda, sebaiknya pengairan dilakukan dengan baik agar tanaman tidak kering dan kesegarannya dapat terjaga dengan baik.

Tanaman jeruk memang membutuhkan Air yang cukup banyak pada awal masa penanaman, penyiraman pada pohon jeruk harus dilakukan 2 kali dalam sehari, waktu yang baik saat penyirman adalah saat matahari belum terik yaitu saat pagi maupun saat sore hari. Dan untuk media tanam, sebaiknya digemburkan minimal 2 hingga 3 minggu sekali untuk mencegah pemadatan pada media tanam, jika pemadatan terjadi, maka akan brakibat tidak sirkulasi udara media tanam kurang baik.

5. Penyiangan

penyiangan pohon jeruk

Tanaman pengganggu disekitar tanaman jeruk akan tumbuh, maka dari itu perlu dilakukan penyiangan. Penyiangan dapat dilakukan scaara berkala seekitar minimal 3 minggu sekali. Penyiangan harus dilakukan karena jika tanaman pengganggu dibiarkan hidup maka akan mgakibatkan terhambatnya pertumbuhan tanaman jeruk.

Pada pembrantasan tanaman liar juga tidak boleh dilakukan sembarangan, karena jika penyiangan dilakukan terlalu dalam maka akan mengakibatkn rusaknya akar tanaman jeruk.

6. Pengendalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Jeruk

Hama dan penyakit dapat mengakibatkan kerusakan pada tanaman maupun buah jeruk. Hama juga ada yang menular, jika hama tersbut menular maka akan menularkan juga pada tanaman jeruk lain. Untuk pencegahan dan pengurangan hama dan penyakit pada tanaman jeruk, maka sebaiknya kita melakukan penginfusan dengan menggunakan Teramycin yang dapat mengurangi hama dan juga penyakit pada tumbuhan.

Selain melakukan penginfusan dengan Teramycin, kita juga dapat melakukan pemangkasan penyakit sedini mungkin. Pemangkasan sedini mungkin dilakukan agar hama dan penyakit tidak menyebar lebih luas pada tanaman jeruk.

7. Pemanenan Buah Jeruk

Saat panen, kita dapat melihat buah yang sudah siap untuk dipanen yaitu memiiliki ciri-ciri 8 bulan dari saat bunga mekar, jika si tekan buah tidak terlalu keras, bagian pada bawah buah jika ditekan akan terasa lunak, jika dijentik dengan jari tidak berbunyi nyaring, dan berwarna kuning.

Jangan memanen hingga melewati masa panen karena jika buah terlalu lama di pohon maka akan mengakibatkan sari buah berkurang dan energi juga banyak dikuras dari pohon, sehingga dapat mengganggu kualitas buah pada musim panen selanjutnya.

8. Tips untuk memanen buah jeruk

Memanenlah pada saat pagi hari sebelum matahari terik, karena jika memanen saat matari terik akan mengurangi kualitas buah jeruk itu sendiri.

Tangkai buah harus dipotong sekitar 2mm (untuk tangkai buah yang terlalu panjang). Tangkai dipotong berlaku untuk tangkai yang terlalu panjang atau terlau tinggi, agar tangkai tidak mengganggu tangkai pohon jeruk yang lainnya.

Jika buah berada pada tempat yang tinggi, maka sebaiknya kita menggunakan tangga untuk menggapai buah jeruk tersebut, untuk mengihindari ranting dan buah jeruk lain bisa rusak.

Wadah untuk buah sebaiknya terbuat dari bahan yang lunak, dan hindarilah menaruh buah dengan cara melemparkan buah tersebut kedalam wadah, karna akan membuat buah rusak, ceepat busuk dan tidak segar lagi.

Pada proses penyimpanan buah jeruk sebaiknya disimpan pada temperature kamar yaitu sekitar 23-31oC maksimal selama 3 minggu.

9. Tips Menanam Buah Jeruk di Lahan

Selain cara-cara menanam buah jeruk yang baik dan benar, maka dibawah ini kami akan memberikan tips bagaimana cara menanam bibit buah jeruk di lahan, yaitu :

Buat lubang tanam seukuran polybag bibit tersebut bila tanah dikira sudah cukup subur. Untuk hasil lebih baik, buat lubang tanam besar dengan ukuran 50cm x 50cm kedalaman 50cm, biarakan selama 1 minggu. Buatlah media tanam dengan campuran sekam bakar, tanag dan pupuk tambahkan juga kapur dolomit 1/4 kg saja. Masukkan media tanam tadi kedlam lubang yang sudah siap.

Pada saat bibit ditanam pada lubang media tanam, sebaiknya dalam satu lubang diisi sekitar 2 buah bibit jeruk

Tanam bibit jeruk saat awal musim hujan

Tanam Bibit dengan jarak minimal 3m x 3m

Sinari tanaman jeruk minimal 5 jam sehari, karena tanaman jeruk menyukai sinar maatahari yang cukup.

Untuk pemangkasan, sebaiknya ranting dipangkas agar tidak brsinggungan dengan ranting lainnya dan juga untuk mempercantik tampilan tanaman jeruk

Melakukan pengecekan secara rutin agar terhindar dari hama penyakit

Jika kutu dan hama menyerang, sebaiknya segera pangkaslah ranting yang terkena hama dan penyakit agar tidak menyebar. Karena jika kita tidak segera menanganinya maka pohon dan buah jeruk juga akan kurang bagus hasilnya.

Diatas adalah cara-cara menanam buah jeruk, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua ya.

JUAL BIBIT JERUK JENIS UNGGUL

CEK HARGA & STOK
Hubungi 085 729 777 657

-BIBIT BUAHKU-

Cara Menanam Buah Jeruk dan Lemon di Pot Maupun di Lahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *