JENIS PISANG UNGGUL – Mengonsumsi buah pisang nampaknya sudah menjadi hal yang sangat biasa di kehidupan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Dari dimakan segar, diolah menjadi kolak maupun pisang goreng, dan yang paling kekinian adalah pisang yang dibalut tepung roti dan digoreng hingga renyah, lalu saat masih panas ditaburi dengan berbagai jenis cokelat parut yang membuat rasanya lebih nikmat.

buah pisang tanduk

Namun, tahukah anda apabila tidak semua jenis buah pisang dapat anda konsumsi dengan berbagai cara di atas. Karena buah pisang lain jenis lain pula teskturnya. Ingin lebih mengetahui jenis buah pisang yang sesuai dengan selera anda? Berikut beberapa jenis pisang unggul yang sering dijajakan di Indonesia :

• PISANG RAJA BULU
Merupakan salah satu pisang yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di pulau Jawa. Buah pisang dengan ukuran sedang dan kulit buah yang tebal ini memiliki warna buah kuning menuju jingga. Rasa buahnya sangat manis, aromanya harum, dan cocok sekali dijadikan isian olahan makanan seperti roti manis, atau diolah menjadi pisang penyet.

• PISANG MAS KIRANA
Buah pisang mas kirana memiliki rasa buah yang manis dengan ukuran buah yang sedang. Daging buahnya lunak. Pisang mas kirana memiliki keunggulan yaitu masa simpannya yang tahan lama, sehingga sangat cocok bila dijadikan sebagai komoditas ekspor.

• PISANG NANGKA
Biasanya buah pisang akan memiliki warna kulit buah hijau saat mentah, dan akan berangsur berubah menjadi kuning saat matang. Namun, berbeda dengan buah kebanyakan, buah pisang nangka memiliki warna kulit hijau hingga buahnya matang sekalipun. Pisang nangka merupakan tipikal pisang yang harus diolah terlebih dahulu bila hendak dikonsumsi. Memiliki rasa manis dengan sedikit rasa agak masam, membuat pisang ini sangat cocok bila diolah menjadi pisang goreng, atau isian pada berbagai jajanan tradisional.

• PISANG TANDUK
Sama dengan pisang nangka, pisang tanduk merupakan varietas pisang yang harus diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.ukuran buahnya besar, mencapai 27cm, dengan bentuk seperti tanduk. Kulit buahnya tebal, dan akan muncul bintik-bintik hitam di kala buah masak. Karena ukurannya yang besar, dalam tiap tandan paling banyak hanya ada 30 buah pisang.

• PISANG KEPOK
merupakan jenis pisang yang memiliki tekstur berbeda dari buah pisang lainnya. Teksturnya saat dimakan kenyal dan pulen. Buah pisang kepok merupakan buah pisang yang harus diolah sebelum dimakan. Daging buahnya yang matang memiliki warna kuning hingga kuning dengan semburat jingga.

• PISANG CAVENDISH
Merupakan jenis buah pisang dengan penampilan kulit berwarna kuning sempurna dan mulus. Tekstur daging buahnya lembut, dengan panjang sekitar 14 hingga 15cm. pisang cavendish biasa dijual di supermarket sehingga makin membuat nilai jualnya tinggi.

*Untuk mendapatkan beberapa jenis bibit pisang tersebut , anda bisa menghubungi Customer Service kami di no 0857-2977-7657.

Jenis Tanaman Buah Pisang Unggulan Yang Banyak Dicari oleh Pasar Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *