JENIS SIRSAK UNGGUL – Buah sirsak adalah buah dengan bentuk lonjong dan ukurannya besar. Daging buahnya berwarna putih, dengan biji berwarna hitam dan pipih, mirip dengan biji sawo, namun ukurannya lebih besar. Buah sirsak memiliki rasa manis sedikit asam yang sangat segar. Selain nikmat dimakan segar, buah sirsak juga sangat nikmat bila dijadikan puding, jus, dan sirup. Di pasaran ada beberapa jenis sirsak yang dijual. Berikut beberapa jenis buah sirsak unggulan yang dapat anda konsumsi :

• SIRSAK BIASA
Sirsak biasa merupakan varietas yang paling banyak dijumpai di pasaran. Termasuk dalam buah sirsak yang akan lebih nikmat bila diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Memiliki ukuran sedang, kulitnya hijau tua licin dengan duri kecil-kecil. Daging buah sirsak biasa memiliki kadar air yang tinggi dan tekstur yang bertepung. Jenis sirsak biasa ini banyak diolah menjadi dodol, selai, dan sirup.
• SIRSAK RATU
berasal dari daerah Pelabuhan Ratu, Sukabui, Jawa Barat, jenis sirsak ini memiliki ukuran dari kecil hingga besar. Bentuknya hampir sama dengan sirsak biasa. Namun, kadar air dalam daging buah sirsak ratu lebih sedikit bila dibanding dengan sirsak biasa. Rasa buahnya sangat manis, cocok bila dikonsumsi langsung atau diolah kembali menjadi makanan atau minuman.
• SIRSAK BALI
Dinamakan sirsak bali karena tanaman ini mulanya ditanam di pulau seribu pura, Bali. Berbeda dengan sirsak kebanyakan, kulit buah sirsak bali cenderung licin tanpa duri. Ukuran buahnya kecil, dengan bobot per buahnya sekitar 300 gram. Sirsak bali sangat cocok untuk dikonsumsi segar maupun dibuat jus, karena memiliki rasa manis segar. Buah sirsak bali karena tidak memiliki duri, biasa disebut juga dengan sirsak gundul.
• SIRSAK MANDALIKA
Buah sirsak mandalika merupakan varietas yang banyak ditanam di segala penjuru Indonesia. Kulit buahnya memiliki warna hijau tua mengkilat dengan duri yang jarang-jarang. Bila jenis sirsak lain memiliki warna daging buah putih bersih, pada sirsak mandalika, daging buahnya berwarna kuning dengan jumlah biji yang banyak.

buah sirsak merah

Buah sirsak selain buahnya nikmat, juga memiliki banyak manfaat, karena kandungan antioksidan dan vitamin c pada buah sirsak sangat tinggi. Bahkan daunnya pun sudah turun temurun dijadikan obat-obatan herbal bagi para penderita hipertensi maupun kolesterol. Daun sirsak yang direbus lalu diminum air rebusannya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

*Untuk mendapatkan beberapa jenis bibit sirsak tersebut , anda bisa menghubungi Customer Service kami di no 0857-2977-7657.

Beberapa Jenis Tanaman Buah Sirsak Unggul yang Cocok Untuk Dikebunkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *