Merawat Kelengkeng Hawae – Siapa yang tidak mengenal buah kecil yang memiliki rasa manis? Tentu semua orang akan menjawab kelengkeng.

buah kelengkeng hawae
buah kelengkeng hawae

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Kelengkeng Hawae yang merupakan salah satu jenis buah Kelengkeng Dimocarpus Longan yang mempunyai keunggulan pada ukuran biji yang sangat kecil dan ukuran buahnya lumayan besar. Namun perawatan kelengkeng hawae yang untuk memperoleh hasil yang unggul membutuhkan ketelitian dan kecakapan dalam memilih media tanam. Saya menanam melalui bibit yang ditanam pada polibag berukuran 20 sentimeter × 25 sentimeter. Media tanam berupa campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

Merawat Kelengkeng Hawae

Bagi kamu yang ingin membudidayakan buah ini, proses perawatan kelengkeng hawae terbilang mudah. Hal yang perlu kamu lakukan dalam merawat tanaman kelengkeng ini antara lain pemberian pupuk di setiap tahun yang saya anjurkan sebanyak 2 kali. Tepatnya pada awal musim penghujan dan saat memasuki musim kemarau. Sesuai dengan pengalaman saya, pemupukan dapat kamu lakukan dengan cara membenamkan pupuk pada tanah di sekeliling tanaman yang memiliki jarak kira-kira sama lebar dengan lingkar luar bagian tajuk daun (dari batang utama).

pohon kelengkeng hawae
pohon kelengkeng hawae

Tidak hanya itu, proses yang tidak kalah penting yang harus kamu lakukan adalah pemangkasan. Pemangkasan merupakan pemotongan sebagian ranting dan cabang tanaman. Hal ini saya sarankan untuk kamu lakukan agar memaksimalkan pertumbuhan tanaman kelengkeng. Tujuan yang pernah saya lakukan dari pemangkasan tanaman kelengkeng adalah memperpendek tinggi pohon, sehingga mempermudah saya sewaktu memanen. Hal ini sangat penting agar tanaman lekas berbuah, meremajakan tanaman, dan sebagai langkah pengendalian dari hama serta penyakit.

Menyemprotkan Larutan Pupuk Daun

Selain cara merawat kelengkeng hawae di paragraf kedua, saya menyemprotkan larutan pupuk daun dalam satu minggu satu kali selama 4 minggu untuk menyehatkan tanaman kelengkeng hawae. Langkah ini saya lakukan di saat tanaman berusia dua minggu di dalam polibag. Selang 4 bulan pascatanam di polibag, saya mendapatkan kejutan berupa bunga mulai tumbuh. Jika sudah berbunga, saya merompes bunga tersebut agar tanaman berumur panjang.

Baca Juga: Jual Bibit Kelengkeng Matalada atau Hawae

Nah, setelah mengetahui cara perawatan kelengkeng hawae, semoga kamu mulai berantusias untuk memperbanyak bibit kelengkeng hawae. Loh, kamu belum tahu di mana tempat yang menyediakan bibit kelengkeng hawae? Jangan risau, Infotanamanbuah.com hadir untuk memenuhi keinginanmu. Cukup membuka laman tersebut (Infotanamanbuah.com), cari nomor customer service, dan silakan dihubungi. Mudah, kan?

JUAL BIBIT KELENGKENG MATA LADA

Hubungi
085 729 777 657

-BIBIT BUAHKU-

Cara Merawat Kelengkeng Hawae

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *