Rahasia Tabulampot Tanaman Buah Tin Blue Giant

Buah tin kini mulai marak dikonsumsi di Indonesia. Meski belum sebanyak buah-buahan lain penjualannya, hal ini justru bisa menjadi celah bagi anda untuk membudidayakannya. Bila ingin membudidayakan buah tin yang nampak unik, cobalah untuk menanam buah tin blue giant.

Buah tin blue giant memiliki bobot mencapai 70 gram per buahnya. Kulitnya sebenarnya berwarna merah hati, namun terdapat garis berwarna kebiruan pada kulit buahnya. Hal itu yang dijadikan dasar penamaan buah tin blue giant. Pohonnya sangat genjah, dengan rasa buah sangat manis dan legit. Meski berasal dari negeri Timur Tengah, pohon tin tidak mengalami kesulitan berarti untuk tumbuh di Indonesia yang iklimnya dikenal berbeda. Namun, tetap ada hal-hal yang harus diperhatikan supaya tanaman tumbuh dengan baik. Salah satunya adalah dengan mencukupi asupan sinar matahari yang dibutuhkan oleh tanaman tin blue giant setiap harinya.

Pohon buah tin termasuk tanaman yang sangat cocok bila dikembangkan sebagai tabulampot. Karena karakteristik pohonnya yag memang tidak terlalu besar. Anda ingin mencoba menanamnya di rumah? Berikut kami sertakan cara menanam bibit buah tin blue giant di dalam pot.

Hal yang pertama kali harus anda lakukan adalah mempersiapkan bibit yang akan anda tanam. Pastikan bibit tin blue giant yang anda pilih dalam keadaan sehat, tidak terjangkit virus atau penyakit. Daunnya segar, dengan jumlah minimal 6 helai. Bibit yang berasal dari perbanyakn vegetatif seperti stek atau cangkok lebih baik anda gunakan bila dibandingkan dengan yang berasal dari perbanyakn generatif. Hal ini disebabkan oleh hasil perbanyakan vegetatif yang biasanya memiliki sifat persis seperti indukannya. Sehingga dapat anda pastikan bibit dari perbanyakan vegetatif yang anda tanam unggul, bila sudah melihat indukannya tumbuh terlebih dahulu.

Setelah itu, siapkan pot dengan diameter minimal 60cm. tata pecahan genting ataupun bata pada bagian dasar pot, kurang lebih hingga mencapai tinggi kurang lebih 5cm. Pecahan genting dapat membantu sirkulasi udara dan air pada tabulampot anda. Media tanam yang anda perlukan adalah campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Isi pot dengan media tanam hingga 1/3 bagiannya terisi, lalu letakkan bibit tin blue giant tepat pada bagian tengah media tanam. Tambahkan kembali media tanam hingga hampir mencapai bibir pot. Yang terakhir, lakukan penyiraman secukupnya saja hingga media tanam nampak jenuh air. Untuk selanjutnya penyiraman cukup anda lakukan setiap 3 hingga 4 hari sekali saja.

Rahasia Tabulampot Tanaman Buah Tin Blue Giant

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *