Cara konsumsi buah bit – Rasanya, buah bit (beetroot) masih agak kurang akrab dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan meski di pasar maupun swalayan sudah banyak yang menjual, namun, masih jarang orang yang melirik karena bingung hendak dikonsumsi menjadi seperti apa si umbi berwarna merah ini. Padahal buah bit kaya akan gizi dan memiliki fungsi detoksifikasi yang luar biasa baik. Bagi anda yang sedang hamil, memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik, atau bagi penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi pun sangat disarankan meng konsumsi buah bit dengan rutin. Hal ini disebabkan karena selain fungsi detoksifikasinya baik, buah bit juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

carakonsumsi buah bit
cara konsumsi buah bit

Ada orang yang meski mengetahui khasiat dari buah bit tapi masih juga enggan mengonsumsi buah bit. Hal ini disebabkan oleh rasa dan aroma dari umbi bit sendiri. Umbi bit memiliki rasa langu dan sedikit aroma seperti tanah ini. Padahal, apabila kita mengetahui cara mengolahnya dengan tepat, maka buah bit akan sangat nikmat dikonsumsi. Tahukah anda, bahwa cake lezat yang pernah naik daun baru-baru ini, Red Velvet, juga dibuat dari buah bit? Rasa dan aroma buah bit menjadi lebih enak, bukan?

Salah satu cara mudah dan nikmat untuk mengkonumsi buah bit adalah sebagai berikut. Cukup anda sikat bagian luar buah bit di bawah air mengalir hingga hilang semua tanah dan kotoran yang menyelimutinya. Panaskan oven hingga suhunya mencapai 304 derajat celcius. Lalu, potong sesuai ukuran yang anda inginkan menggunakan pisau tajam, lalu tata di atas Loyang yang sudah dilapisi dengan alumunium foil. Oles bit menggunakan minyak zaitun secukupnya, taburi garam, lada, oregano, dan irisan parsley. Kemudian tutup kembali loyang menggunakan alumunium foil. Hal ini bertujuan supaya buah bit tidak terkena panas apisecara langsung, yang bisa menyebabkan berkurangnya kandungan gizi. Selanjutnya panggang buah bit. Karena tekstur buah bit yang keras, memanggangnya membutuhkan waktu hingga 60 menit. Bila anda ingin menguji apakah bit sudah matang, bisa dengan cara menusuknya menggunakan garpu atau tusuk gigi. Bila sudah empuk, angkat, dinginkan, kemudian dikonsumsi bersama berbagai macam sayuran dan dressing yang lezat.

manfaat buah bit
manfaat buah bit

Atau anda ingin menjadikan buah bit menjadi minuman segar? Cobalah membuat jus buah bit. Kunci supaya jus buah bit terasa nikmat dan aroma tanahnya hilang, anda bisa memblender buah bit bersama buah dan sayuran lainnya. Seperti wortel, tomat, jeruk, apel, buah naga, dan lain-lain. jangan lupa untuk menambahkan madu sebagai pengganti gula supaya jus anda menjadi semakin sehat. Tak ada blender di rumah? Anda tak perlu khawatir, anda bisa memarut bahan-bahan tersebut lalu menyaringnya menggunakan kain halus. Cara ini mirip seperti sistem pengolahan menggunakan juicer, dan dapat menjaga nutrisi buah secara utuh, karena anda tak perlu menambahkan air pada jus anda. Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba, dan nikmati hidup sehat bersama olahan buah bit anda.

CARA KONSUMSI BUAH BIT (BEETROOT) MENJADI NIKMAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *