Teknik Runduk Pada Jeruk – Teknik memperbanyak bibit tanaman dengan sistem runduk merupakan teknik memperbanyak tanaman secara vegetatif dengan cara merundukkan sebagian atau seluruh bagian cabang ke tanah. Selain proses memperbanyaknya yang cenderung berbeda sengan teknik lainnya, sistem runduk hanya dapat diterapkan pada beberapa jenis tanaman saja. Sangat terbatas. Sistem runduk bisa diterapkan pada pohon dengan cabang yang panjang dan lentur saja. Pada saat kita memperbanyak bibit jeruk, sistem runduk bisa kita gunakan, lho. Karena batang jeruk cenderung lentur dan tumbuh panjang.

CARA MUDAH MEMBUAT TABULAMPOT JERUK DEKOPON

Lalu, bagaimana cara memperbanyak bibit jeruk dengan sistem runduk? Carilah tunas yang tumbuh di batang pohon jeruk anda. Hal tersebut mrupakan salah satu syarat wajib agar cabang yang anda runduk nanti bisa tumbuh menjadi bibit yang baru. Karena, biasanya pada tunas terdapat kandungan zat tumbuh yang bernama auksin dengan jumlah yang banyak. Sehingga, diharapkan auksin dapat membantu tanaman tumbuh lebih cepat.

Jangan khawatir gagal apabila anda memperbanyak bibit jeruk menggunakan sistem runduk. Karena persentase keberhasilan perbanyakan dengan sistem runduk termasuk besar. Mencapai 90%. Hal ini disebabkan oleh masih terhubungnya cabang yang akan diperbanyak, dengan pohon induknya. Sehingga, asupan nutrisi pada tunas akan terus disuplai. Dengan kata lain, sangat kecil kemungkinan bibit akan kekurangan nutrisi. Selain tingkat keberhasilannya yang tinggi, prosesnya juga cukup mudah dan ekonomis bagi anda yang ingin menjual bibit jeruknya kembali.

Apabila anda sudah menemukan batang dengan tunas yang ingin dirunduk, buatlah beberapa luka sebagai titik mula perangsang tumbuhnya akar. Kemudian, lengkungkan cabang tersebut ke tanah yang sudah anda buat lubang tanam dengan kedalaman 15 cm. Timbun bagian bawah ujung cabang yang tadi sudah dilukai, dengan tanah, namun sisakan ujung cabang yang ditumbuhi daun agar tetap berada di atas tanah. Apabila anda ingin mempercepat pertumbuhan bibit jeruk anda, berikan ZPT sessuai dengan dosis yang dibutuhkan. Bila tunas sudah mulai tumbuh subur dengan perakaran yang sudah nampak banyak, itu pertanda bibit anda sudah siap dipisahkan dari pohon indukannya.

teknik merunduk
teknik merunduk

Sistem runduk memiliki banyak teknik, namun, ada tidak semuanya cocok diterapkan terhadap pohon jeruk. Karakter batang pohon jeruk lentur namun ada beberapa yang sedikit berkayu. Sehingga, teknik yang tepat untuk diterapkan pada pohon jeruk adalah sistem runduk cabang. Berbeda dengan pohon murbei yang saat diterapkan sistem runduk, seluruh bagian ujung batangnya direndam dalam tanah agar tunas tumbuh, pada pohon jeruk anda hanya perlu memendam bagian bawah ujung cabang, dan biarkan pucuk cabang yang ditumbuhi daun muncul di atas permukaan tanah.

JUAL BIBIT JERUK UNGGUL

(Jenis : Jeruk Dekopon, Jeruk Kintan, Jeruk Keprok, Jeruk Santang Madu, dll)

Harga : Rp 100.000 – Rp 70.000
*harga dapat berbubah sewaktu-waktu, cek update 085 729 777 657

BIBIT JERUK DEKOPON
BIBIT JERUK DEKOPON
PerbanyakanSambung pucuk dan okulasi
Tinggi bibitMulai 60cm (ukuran siap tanam)
UsiaSekitar 5 bulan dari sambung
Masa berbuah2 tahun – 3 tahun (tergatung perawatan)
TabulampotCocok untuk ditanam didalam pot
Daerah yang optimaldataran rendah – tinggi ( 100 mdpl – 1200 mdpl)
Penyiaramancukup 1 hari sekali saat musim kemarau
PupukStandar, tanpa perawatan husus (kohe kambing fermentasi lebih bagus)
Garansi
  1. Keaslian Bibit
  2. Aman sampai tujuan
  3. Tanaman berbuah lebih cepat

Customer Service : 085 729 777 657 ( sms / wa / telpon)

MEMPERBANYAK BIBIT JERUK DENGAN SISTEM RUNDUK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *