Cara Merunduk Tanaman – Bila anda memiliki tanaman dengan kriteria batang yang lentur dan panjang, anda bisa memperbanyak tanaman tersebut menggunakan teknik runduk. Biasanya pada batang-batang tersebut tumbuh tunas. Nantinya tunas tersebut akan dibenamkan di tanah dan ujung-ujungnya dibiarkan muncul di atas permukan tanah. Pada tunas terdapat banyak kandungan zat yang dapat membantu tunas tumbuh menjadi tanaman baru. Dengan kriteria tersebut, memperbanyak tanaman dengan teknik runduk biasa diterapkan di tanaman beri-berian, apel, mawar, dan melati.

Tingkat keberhasilan cara merunduk tanaman ini cukup besar, mencapai 90%. Hal ini disebabkan oleh tetap tersambungnya batang dengan indukan selama proses perbanyakan dilakukan, sehingga tak ada kekhawatiran cabang kekurangan nutrisi selama proses pengembangan akar. Nutrisinya terus terpenuhi sampai tumbuh akar dan tunasnya tumbuh berkembang.

Cara Merunduk Tanaman
Cara Merunduk Tanaman

Memperbanyak tanaman dengan cara merunduk tanaman ada beberapa cara seperti berikut :

1. Teknik runduk seluruh cabang ujung

Teknik runduk seluruh cabang dilakukan dengan cara merunduk tanaman cabang secara keseluruhan ke dalam tanah dengan kedalaman 2,5 hingga 5 cm. Dalam waktu kurang lebih 3 bulan, akar akan tumbuh sepenuhnya di ujung-ujung batang. Teknik ini sangat cocok untuk tanaman beri-berian seperti stroberi atau murbei.

Baca Juga : MEMPERBANYAK BIBIT JERUK DENGAN SISTEM RUNDUK

2. Teknik runduk cabang

Berbeda dengan teknik runduk sebelumnya, anda harus melengkungkan cabang, lalu menimbun sebagian cabang dan membiarkan ujung batang dan beberapa helai daun tetap berada di atas permukaan tanah. Pada bagian yang hendak akan anda timbun dengan media tanam, harus anda lukia menggunakan pisau atau benda tajam lainnya yang steril. Hal ini bertujuan supaya merangsang titik tumbuhnya akar. Kedalaman tanah kurang lebih 15 cm. memperbanyak tanaman dengan cara merunduk tanaman ini cocok untuk diterapkan pada tanaman dengan karakteristik batang seperti pohon apel dan tanaman melati.

cara perundukan tanaman
cara perundukan tanaman

3. Teknik runduk dengan sistem tidur

Perlakuan cara merunduk tanaman sistem tidur hampir sama dengan teknik runduk cabang, yang menyisakan ujung cabang di atas permukaan tanah. Namun, bedanya peletakan cabang di dalam tanah dengan posisi tidur. Tanam sebagian panjang batang tanaman yang hendak anda perbanyak di kedalaman 5-15 cm dengan menyisakan ujung batang yang berdaun di atas permukaan tanah. Nantinya, dari batang yang ditanam akan tumbuh banyak tunas dan akar. Sistem ini bisa menghasilkan banyak tunas dalam sekali proses perbanyakan. Sehingga bisa lebih efektif dan menghasilkan untung yang lebih banyak. Teknik ini banyak diterapkan saat memperbanyak tanaman apel, azalea, maupun mawar.

Cara Merunduk Tanaman Agar Berhasil Dalam Perbanyakan Tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *