Perbanyakan Tanaman Dengan Biji – Seiring dengan perkembangan zaman, mulai muncul berbagai macam cara memperbanyak tanaman dengan berbagai metode. Namun, hal tersebut tak lantas membuat kita meninggalkan cara yang paling mudah dan sudah sejak lama diterapkan dalam membudidayakan tanaman, yaitu cara generatif, memperbanyak tanaman dengan menggunakan biji.

tumbuh dari biji
tumbuh dari biji

Memilih biji yang baik untuk perbanyakan tanaman dengan biji akan membantu anda meningkatkan kualitas bibit yang akan dihasilkan. Periksa apakah pada biji terdapat luka bekas gigitan hama, atau bahkan terdapat luka penyakit. Jangan sampai biji yang akan gunakan merupakan biji yang tidak sehat. Biji juga harus berada dalam usia maksimal pertumbuhannya, jadi pastikan biji yang dipakai berasal dari buah yang masak pohon.

Baca Juga: bibit mangga mampu diperbanyak dengan teknik okulasi

Cara perbanyakan tanaman dengan biji bisa diawali dengan cara mengupas kulit luar biji buah. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan lembaga yang biasanya berada di bagian dalam biji. Setelah itu keringkan biji dengan cara dijemur di bawah terik matahari selama kurang lebih 3 hari. Kemudian, anda bisa menanam biji yang sudah kering tersebut di media tanam berupa tanah yang sudah dicampur dengan kompos ber-rasio 1 : 1. Tanam biji kurang lebih di kedalaman media tanam 4cm, hingga permukaannya rata dengan permukaan tanah.

perbanyakan tanaman dengan biji
perbanyakan tanaman dengan biji

Selain memang sudah akrab di kehidupan masyarakat, baik yang sudah sering bercocok tanam maupun belum, perbanyakan tanaman dengan biji termasuk mudah dan hemat biaya. Selain itu, bila dibandingkan dengan perbanyakan vegetatif, pohon yang berasal dari perbanyakan menggunakan biji akan tumbuh dengan memiliki akar yang kuat. Selain menjadikannya kokoh, pohon yang berasal dari perbanyakan menggunakan biji juga sangat cocok bila dijadikan tanaman untuk konservasi lahan. Memang, pada perkembangannya nanti akan ada perbedaan sifat dari indukan dengan bibit hasil dari perbanyakan menggunakan biji. Namun, hal tersebut bisa disiasati dengan menggunakan buah yang merupakan varietas hibrida berkualitas baik.

Meski banyak yang enggan memperbanyak tanaman dengan biji karena kualitas yang dihasilkan belum tentu sama, namun bukan berarti anda boleh menyerah mencoba perbanyakan generatif ini. Karena, tanaman yang dihasilkan bisa juga justru memiliki sifat yang lebih baik dari pohon induknya. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan tanaman hasil dari perbanyakan generatif untuk dijadikan batang bawah pada perbanyakan menggunakan teknik okulasi. Nantinya tanaman yang dihasilkan akan memiliki akar yang kokoh dengan sifat yang unggul dan berkualitas.

Perbanyakan Tanaman Dengan Biji Mudah Untuk Dilakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *