Stek Mangga – Saat anda menginginkan pohon mangga unggul dengan jenis perdu, bisa anda coba melakukan perbanyakan bibit mangga menggunakan teknik stek. Teknik stek merupakan teknik memperbanyak tanaman secara vegetatif dengan cara memotong batang dari indukan lalu menanamnya kembali di media tanam hingga batang dapat tumbuh besar menjadi pohon dengan kualitas sama.

Bila anda ingin melakukan perbanyakan bibit mangga menggunakan teknik stek, awali dengan memilih batang yang akan digunakan. Ambillah batang dari ranting yang masih muda. Waktu yang optimal untuk melakukan pemotongan batang adalah pada pukul 06.00-08.00. Hal ini disebabkan pada waktu tersebut produksi getah sedang mencapai titik maksimum.

cara memotong batang stek yang benar
cara memotong batang stek yang benar

Setelah memilih ranting muda, potong ranting tersebut pada setiap ruas bagian antar daun. Dari bagian ujung ranting, hingga tangkai daun ke 6. Pada tiap ruas potongan batang tersebut harus disertai setidaknya satu tangkai daun. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pisau tajam agar pada saat proses pemotongan batang tidak terjadi memar jaringan yang terlalu banyak pada batang, karena bisa menjadi sarang bakteri dan penyakit yang berpotensi mengganggu pertumbuhan pohon. Bila tiap tangkai ditumbuhi daun dalam jumlah banyak, anda bisa memangkasnya hingga menyisakan 2 sampai 3 helai daun saja. Selanjutnya, ruas-ruas potongan batang mangga tersebut bagian bawahnya dicelupkan pada larutan auksin selama 1 hingga 2 menit. Hal ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan akar pada batang.

Kemudian, siapkan media tanam berupa pakis halus atau mos. Sterilkan media tanam terlebih dahulu. Anda bisa menyiramkan air panas ke media tanam yang hendak kita gunakan pada perbanyakan mangga nanti. Setelah itu, anda bisa memasukkan media tanam ke dalam polybag dengan ukuran kurang lebih menyisakan ruang kurang lebih 1/3 bagian polybag. Anda dapat menyiram media tanam menggunakan hormone auksin sisa dari pencelupan batang stek mangga sebelumya. Setelah media tanam siap, tancapkan batang stek pada media tanam. Tutup gelas dan letakkan di tempat terang, namun terhindar dari sinar matahari langsung. Apabila media tanam sudah nampak kering, anda bisa melakukan penyiraman secukupnya hingga media tanah lembab.

Tiga bulan setelah perbanyakan mangga menggunakan teknik stek dilakukan, akar akan mulai tumbuh dengan lebat. Apabila bibit sudah ditumbuhi daun dengan jumlah cukup banyak, bibit mangga hasil stek bisa mulai anda pindah tanamkan ke tanah kebun anda.

Karena pada teknik stek menghasilkan pohon tanpa akar tunggang, hal ini yang menyebabkan pohon sebaiknya tumbuh rendah namun rimbun. Anda bisa mensiasatinya dengan cara melakukan pemangkasan berkala namun rutin.

PERBANYAKAN MANGGA MENGGUNAKAN TEKNIK STEK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *