Perbanyakan Tanaman Degan Tunas – Kini menanam pohon sendiri di rumah tak lagi menjadi persoalan sulit. Kemajuan teknologi dan penelitian terhadap tanaman semakin maju pesat. Bahkan, bila anda ingin memperbanyak tanaman yang sudah anda miliki lagi pun tak menjadi persoalan sulit. Banyak metode yang bahkan awam pun bisa menerapkannya. Namun, bila anda ingin mengembangkan tanaman yang sudah anda miliki, anda wajib terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis perbanyakan, agar anda bisa memilih metode yang paling tepat untuk anda terapkan pada tanaman anda.

tunas pisang
tunas pisang

Cara perbanyakan tanaman terbagi menjadi dua, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan. Metode vegetatif alami dianggap sebagai metode yang mudah, cepat, dan murah untuk dilakukan. Salah satunya adalah perbanyakan tanaman menggunakan tunas. Perbanyakan tanaman menggunakan tunas memanfaatkan tunas yang tumbuh di beberapa bagian dari tumbuhan. Bisa yang tumbuh di batang, daun, maupun akar. Mengapa metode ini diebut sebagai metode yang mudah lagi ekonomis? Karena metode ini tidaklah membutuhkan teknik-teknik khusus dan peralatan yang banyak. Cukup anda siapkan media dalam pot atau polybag saja.

Baca Juga : Jenis Tanaman Buah Pisang Unggulan Yang Banyak Dicari oleh Pasar Internasional

Tanaman dapat anda kategorikan bisa diperbanyak menggunakan tunas bila tunas dari indukan bila ditanam dapat tumbuh menjadi tanaman baru. Seperti halnya pohon pisang, tunasnya tumbuh dari pangkal batang pohon induk di dalam tanah, dan mampu tumbuh menjadi pohon pisang baru. Selain pisang, ada pula bambu, pinang, atau tebu yang tumbuh menggunakan tunas. Namun, tak hanya tumbuhan dengan tunas yang berasal dari pangkal pohon saja yang bisa diperbanyak melalui tunasnya, tetapi juga ada pohon dengan tunas adventif, yaitu tunas yang tumbuh di bagian lain tanaman. Ada yang tumbuh di daun, ada pula di akar. Seperti pada tanaman cocor bebek, tunas tumbuh di bagian tepi daun. Juga pada tanaman sukun, yang tunasnya tumbuh di bagian akar. Namun, proses yang harus anda lakukan untuk perbanyakan tanaman melalui tunas maupun tunas adventif sebenarnya sama saja.

tunas kelapa
tunas kelapa

Perbanyakan tanaman melalui tunas bisa anda lakukan dengan cara memotong tunas pada indukan yang anda inginkan, indukan haruslah sehat dan merupakan varietas yang baik. Pastikan menggunakan gunting tanaman yang tajam, sehingga tidak menimbulkan luka pada bekas potongan yang sangat berpotensi menjadi sumber penyakit bagi indukan. Siapkan media tanam pada polybag berupa tanah dan kompos dengan rasio 1:1. Buat lubang di tengah media tanam, agar memudahkan anda menancapkan tunas, lalu sedikit padatkan supaya tunas tidak goyah. Siram media tanam secukupnya untuk membuatnya lembab, lalu letakkan di tempat yang hangat namun jauh dari paparan sinar matahari langsung, supaya akarnya cepat tumbuh namun tidak mengganggu kesehatan tunas selama proses pertumbuhan akar. Kurang lebih proses pertumbuhan akar berjalan selama 2 minggu, selama itu pastikan kehangatan lingkungan dan kelembaban media tanam terjaga. Setelah akar tumbuh, anda bisa memindahkan bibit ke pot yang lebih besar atau media tanam apapun yang anda inginkan.

Perbanyakan Tanaman Dengan Tunas Dari Tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *