MANFAAT DAGING BUAH ALPUKAT – Buah alpukat merupakan buah yang berasal dari Benua Amerika. Buah yang berbentuk lonjong ini memiliki kulit berwarna hijau tua mengkilat yang akan berubah menjadi coklat kemerahan saat buah matang. Daging buahnya kuning, dengan tekstur lembut dan rasa manis yang biasanya disisipi rasa gurih yang seketika akan mengingatkan kita akan tekstur bahan kue, mentega.

Selain nikmat, pada daging buah alpukat terkandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di Indonesia, buah alpukat biasa dikonsumsi dengan cara dimakan segar atau dibuat menjadi juice. Sedangkan di Eropa dan Amerika juga beberapa negara lain sudah banyak yang menambahkan potongan buah alpukat pada makanan yang mereka konsumsi. Seperti pada salad, saus guacamole, dan juga sushi. Hal ini tentu didasari oleh banyaknya manfaat yang terkandung pada daging buah alpukat. Ada lebih dari 25 jenis nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat. Ada vitamin, zat besi, fosfor, magnesium, dan potassium. Kekayaan nutrisi yang terkandung membuat alpukat menjadi kaya akan manfaat bila dikonsumsi. Di antaranya adalah :

• Mengonsumsi buah alpukat dapat membantu anda menjaga kesehatan liver dan jantung karena memilki kandungan vitamin E, asam folat, glutathione, dan lemak tak jenuh.
• Dalam buah alpukat terkandung banyak serat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan serat pada buah alpukat akan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi-nutrisi lain sehingga sekaligus dapat membantu melancarkan sistem pencernaan seperti sembelit, atau resiko terkena kanker usus besar. Selain itu juga bisa dimanfaatkan bagi anda yang sedang melakukan diet, karena dapat juga menjaga berat badan tidak mudah naik turun seperti yang banyak dipermasalahkan oleh orang yang sedang melakukan diet.
• Buah alpukat juga bermanfaat sekali untuk membantu tubuh mencegah penyakit kanker oral maupun kanker prostat. Karena pada alpukat mentega terkandung minyak asam yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengahncurkan sel-sel kanker.
• Bila selama ini sayur wortel yang paling identik sebagai sayur yang berguna bagi kesehatan mata, kini cobalah untuk mengonsumsi buah alpukat sebagai penggantinya. Karena pada buah alpukat juga terkandung vitamin A yang tinggi serta zat lutein yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
• Tingginya kandungan beta-sitosterol pada alpukat mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Kekayaan manfaat dari daging buah alpukat bagi kesehatan kita tentu menambah nikmat buah alpukat saat kita konsumsi. Buah alpukat banyak dijual di pasar hhingga swalayan. Tak sedikit juga masyarakat yang menanam sendiri pohonnya. Karena selain bisa menikmati buahnya, juga bisa menjadi peneduh di pekarangan.

Manfaat dan Kandungan Daging Buah Alpukat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *