TABULAMPOT MANGGA IRWIN – Cara Agar Pohon Mangga Irwin Cepat Berbuah Didalam Pot

Mangga Irwin merupakan jenis mangga yang bisa dibilang unik. Bila mangga yuwen memiliki warna kulit berwarna merah, pada mangga Irwin kulit buahnya berwarna ungu. Hal ini disebabkan oleh terbentuknya zat adanya hormone antosianin yang terproses oleh sinar matahari gelombang pendek sehingga terbentuklah kulit buah yang berwarna ungu cantik.

Tak hanya penampilannya saja yang nampak menawan, rasa buahnya juga tidak bisa kita remehkan. Tak hanya manis yang bisa dicecap oleh lidah tapi juga ada rasa masam. Ukuran buahnya sedang, satu buahnya bisa mencapai bobot 500-750 gram. Daging buahnya memiliki warna oranye dengan berserat dan kadar airnya tinggi.

Tabulampot Mangga Irwin

Menanam pohon mangga Irwin bisa pula anda lakukan di dalam pot. Caranya pun mudah, tidak jauh berbeda dengan menanam pohon mangga Irwin di lahan kebun biasa. Untuk membuat tabulampot mangga irein hal yang harus dipersiapkan pertama adalah bibit mangga Irwin yang sehat. Karena bibit yang sehat akan menghasilkan buah yang berkualitas. Gunakan pot dengan ukuran besar, minimal diameternya 60cm. Carilah pot yang sudah memiliki lubang pada bagian dasarnya untuk drainase. Bila belum ada lubang drainase pada dasarnya, bisa anda buat secara manual menggunakan bantuan bor.

Untuk media tanam tabulampot mangga irwin gunakan campuran dari tanah, arang sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Campur semua bahan tersebut hingga rata. Pada bagian dasarnya, tata pecahan genting dan ijuk hingga mencapai ketebalan kurang lebih 5 cm. Hal ini membantu media tanam tidak mudah larut di saat dilakukan penyiraman. Setelah itu masukkan media tanam hingga mencapai setengah dari volume pot. Buat lubang di tengahnya, letakkan bibit di lubang tersebut. Jangan lupa untuk membuka polybag terlebih dahulu.

Lakukan dengan hati-hati, karena bisa saja merusak akar.
Setelah bibit diletakkan dengan posisi tegak lurus, tambahkan lagi media tanam hingga mencapai 2 cm di bawah bibir pot. Sedikit padatkan media tanam supaya bibit mangga bisa berdiri kokoh walaupun tanpa ajir. Lakukan penyirman sekali setelah penanaman cukup hanya tanah nampak lembab.

Tanaman buah mangga Irwin yang berasal dari perbanyakan vegetatif, mampu belajar berbuah saat usia tanam mencapai tahun ketiga atau keempat. Pada saat berbuah pertama kali jumlahnya mungkin hanya sedikit, maksimal 15 buah mangga tiap pohonnya. Namun lambat laun jumlah tersebut akan meningkat. Tanda bahwa buah siap panen ketika ada buah yang sudah jatuh dari pohon.

TABULAMPOT MANGGA IRWIN – Cara Agar Pohon Mangga Irwin Cepat Berbuah Didalam Pot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *