MANFAAT BIJI ALPUKAT – Mengonsumsi buah alpukat sangatlah nikmat. Daging buah yang tebal dan lembut, rasa manis dan gurih layaknya mentega sangat lumer di mulut. Buah alpukat memiliki bentuk lonjong menggembung di bawah dengan kulit buah warna hijau tua. Cara mengonsumsi buah alpukat adalah dengan cara mengiris buah alpukat, lalu biasanya daging buah tinggal dikeruk saja. Pada buah alpukat terdapat satu biji yang berbentuk bulat dan ukurannya cukup besar. Warnanya cokelat dan teksturnya keras.

Kebanyakan orang membuang begitu saja biji alpukat dari buah yang hendak mereka konsumsi. Hal ini banyak terjadi karena kurangnya info mengenai manfaat yang terkandung dalam biji alpukat yang ternyata sangat baik untuk tubuh kita. Berikut beberapa manfaat dari biji alpukat :
•    Ternyata tak mau kalah dengan daging buahnya, biji alpukat memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Seperti kita ketahui antioksidan mampu menjaga tubuh dari efek samping radikal bebas dan membantu tubuh dalam meningkatkan sistem imunitas.
•    Pada biji alpukat juga terkandung flavonoid. Yaitu zat yang membantu tubuh untuk memerangi sel-sel kanker. Jadi apabila anda ingin terhindar dari kanker silahkan mulai sekarang sertakan biji saat anda mengonsumsi alpukat.
•    Bila dibandingkan dengan daging buahnya, ternyata pada biji alpukat terkandung jauh lebih besar serat larut. Serat larut bisa membantu anda dalam meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.
•    Adanya antioksidan seperti katekin dan procyanidins yang merupakan zat ani peradangan, sehingga dapat membantu anda dalam mengurangi efek peradangan dalam tubuh.
Namun bagaimana caranya supaya nutrisi pada biji alpukat bisa kita konsumsi? Seperti yang kita ketahui, biji buah alpukat memiliki tekstur yang sangat keras. Namun ada beberapa cara untuk menikmati manfaatnya. Untuk ditambahkan pada bahan makanan, anda bisa memulai dengan mengupas kulit luar biji alpukat, lalu potong dan giling biji hingga berbentuk serbuk. Serbuk ini dapat anda tambahkan pada smoothies, juice, maupun salad atau sup yang hendak anda konsumsi.

Bagi anda yang ingin menghemat anggaran perawatan rambut dan kulit, bisa juga mencoba memanggang biji alpukat cukup dalam waktu 10 menit, lalu haluskan biji alpukat. Serbuk tersebut bisa menjadi bahan dasar masker kulit atau untuk krim perawatan rambut. Biji alpukat ini bila digunakan untuk krim perawatan rambut bisa membantu mengurangi ketombe dan masalah pada rambut berminyak.

Manfaat dan Kandungan Biji Buah Alpukat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *