JUAL BIBIT MANGGA MAHATIR – Mangga Mahatir merupakan buah yang popular karena keunggulannya. Selain ukurannya yang super besar (bisa mencapai dua jengkal tangan orang dewasa), rasanya juga sangat manis dan nikmat di lidah. Buah mangga dengan bentuk menyerupai paruh burung pada ujungnya ini bobotnya bisa mencapai 2.5 hingga 3 kilogram. Bagi masyarakat Indonesia buah mangga mahatir juga dikenal dengan nama mangga esmo. Tanaman buah mahatir termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang termasuk dalam kelompok habitus arboreus.

Tanaman manga mahatir sendiri termasuk dalam tipe manga genjah. Mulai berbuah pada usia rata-rata 3-4 tahun, namun jika dirawat dengan baik tanaman bisa produktif lebih cepat, sekitar usia 1-2 tahun. Buah yang berasal dari daerah Kinabalu Malaysia ini memiliki karakteristik unik pada bagian daunnya. Daun tanaman mangga mahatir memiliki daun yang ukurannya cukup panjang dan lebar dengan bentuk daun bergelombang, serta urat daunnya kelihatan menonjol. Pada bagian cabang dan rantingnya cenderung lemas menjuntai ke bawah.

Dari segi perawatannya, manga mahatir termasuk mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Walaupun alami, pertumbuhannya bisa berlangsung sangat cepat asalkan mendapatkan perlakuan yang pas. Tanaman dengan nama ilmiah Mangifera indica ini sangat cocok ditanam di daerah berikilim tropis maupun subtropis di dataran rendah dengan ketinggian maksimal 700 mdpl. Ditanam di tanah yang gembur walaupun agak berpasir pun tidak jadi masalah. Sinar matahari selama sepanjang hari juga sangat dibutuhkan oleh pohon mangga mahatir.

Tanaman yang bibitnya berasal dari perbanyakan okulasi ini sebenarnya sudah cukup lama ditanam di Indonesia. Namun hanya sebatas dimiliki oleh kolektor maupun penghobi tanaman buah. Jika mangga lain memiliki percabangan dan ranting yang tumbuhnya ke atas atau ke samping, sedangkan mangga mahatir menjuntai, maka perlu dilakukan penanganan khusus. Yaitu dengan cara mengikat cabang atau ranting pada ajir bambu. Hal iini harus dilakukan sedini mungkin. Jika tanaman sudah tumbuh membesar, efek dari pemberian penyangga-penyangga ini mampu membuat pertumbuhan ranting dan cabang muda menjadi lebih teratur dan baik.

Tanaman buah dalam pot mangga mahatir pun terbilang mudah berbuah meski tanaman masih berusia muda, bahkan kurang dari satu tahun. Memiliki bentuk buah yang khas dengan keseragaman yang tinggi membuat kita mudah dalam mengidentifikasi mangga mahatir. Keterbatasan jumlah pohon induk menjadi penyebab sumber entres sebagai bahan untuk perbanyakan juga terbatas. Hal ini sebagai pengaruh utama keseragaman bentuk dan ukuran buah masih bisa terjaga dengan baik.

Bibit Mangga Mahatir – Mangga Raksasa Tetap Manis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *