JUAL BIBIT NANGKADAK – Buah nangka dan buah cempedak merupakan buah yang dikenal dengan wanginya yang khas dan rasanya yang manis. Namun apa jadinya ketika kedua buah ini dipadukan menjadi satu? Pada tahun 2003 telah dilakukan perkawinan silang buah nangka dan cempedak yang pada akhirnya menghasilkan varietas baru, Nangkadak. Hasil perkawinan dua varietas tersbeut menghasilkan pohon yang produktivitasnya lebih tinggi dari pohon nangka lainnya. Bagaimana tidak, berasal dari biji saja pohon sudah siap berbuah di usia 2 tahun sejak penanaman. Padahal pada umumya baru bisa berbuah di usia 6 tahun.

Selain itu pohon nangkadak juga memiliki produktivitas yang tinggi. Pada usia 2 tahun, sudah bisa menghasilkan 30-50 buah dengan rata-rata berat per buahnya 2-3 kilogram. Ukuran buahnya memang tak sebesar nangka lain, namun dengan jumlah yang lebih banyak dan dapat berbuah sepanjang musim membuat nangkadak memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Tinggi pohonnya sekitar 3 meter, dengan buah berbentuk silindris. Membuatnya selain cocok dibudidayakan di kebun, bisa juga sebagai tanaman penghias pekarangan rumah. .

Tanaman nangkadak cocok tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan tahunan rata-rata 1.500-2.500 mm per tahunnya. Meski tahan segala musim, namun pohon nangkadak membutuhkan sinar matahari sepanjang hari untuk memacu fotosintesa dan pertumbuhannya. Umumnya tanah yang disukai ppohon nangkadak merupakan tanah gembur yang agak berpasir. Dari berbunga, biasanya membutuhkan waktu 8 bulan untuk buah nangkadak masak.

Ketika buah matang, warnanya kuning terang, wanginya terasa lebih lembut jika dibandingkan cempedak. Tekstur dagingnya lebih lembut dan tebal, dengan biji yang lebih kecil. Selain itu terkadang saat mengonsumsi nangka kita merasa terganggu dengan getah yang tersisa di buahnya, namun hal ini tidak akan kita temukan di nangkadak, karena getah yang terdapat di luar buahnya hanya ada sedikit. Berbeda dengan varian nangka atau cempedak lainnya, kualitas rasa nangkadak tidak terpengaruh kondisi cuaca. Pada panen di musim hujan pun rasa manis dari nangkadak tidak berkurang.

Kematangan buah sangat gampang diketahui. Ketika duri mulai melunak dan jarak duri mulai makin melebar, cobalah pukul buah dengan benda yang agak keras. Apabila keluar suara yang nyaring maka buah sudah siap dipetik. Cara pemetikan buah, gunakan pisau tajam untuk memotong gagang buah, lalu turunkan buah dengan hati-hati. Selain bisa dikonsumsi lagsung begitu saja, buah nangkadak bisa diawetkan dengan dijadikan manisan, atau dikemas kalengan seperti yang dilakukan di negara maju. Tentu perlakuan tersebut juga bisa menaikkan harga dari buah nangkadak sendiri. Berminat untuk menenam bibit nangkadak, segera hubungi Customer Service kami.

Bibit Nangkadak – Perpaduan Antara Nangka Yang Manis Lezat dan Cempedak Yang Sangat Wangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *