JUAL BIBIT JERUK PAMELO – Di Indonesia, keberadaan jeruk bali tentunya sudah akrab di kalangan masyarakat. Selain buahnya untuk konsumsi, kulitnya juga dimanfaatkan sebagai mainan anak-anak. Banyak orang berasumsi jeruk bali berasal dari pulau dewata, karena namanya yang mengandung nama daerah tersebut. Namun ternyata hal itu tidak benar. Jeruk Bali tidak ada hubungannya dengan daerah Bali. Hal itu yang menjadi alasan bagi Departemen Pertanian untuk mengubah penyebutan nama jeruk bali menjadi jeruk pamelo. Pamelo sendiri merupakan bahasa inggris dari jeruk yang memiliki nama ilmiah Citrus grandis ini. Tanaman jeruk pamelo termask tanaman yang mampu beradaptasi di daerah yang memiliki tanah kering, dan reatif rentan terhadap penyakit. Salah satunya adalah CVPD, penyakit yang pernah menghancurkan budidaya jeruk di Indonesia.
CVPD merupakan penyakit yang menyebabkan matinya pembuluh floem pada batang pohon jeruk, sehingga nutrisi yang seharusnya diangkut tidak bisa terangkut dan pada akhirnya menumpuk di daun saja. Dengan begitu, pohon akan perlahan-lahan lemah lalu mati karena kekurangan nutrisi. Dengan memiliki ketahanan tinggi terhadap CVPD, tentu pekebun pamelo tidak perlu terlalu khawatir akan resiko penyakit tersebut apabila ingin membudidayakan. Buah pamelo memiliki rasa yang sangat manis. Selain itu, dipercaya juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Baik untuk mencegah sariawan maupun rabun senja.
Kaya akan manfaat, jeruk pamelo diburu oleh banyak penikmat jeruk. Menjadi salah satu buah primadona, jeruk pamelo memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Hal ini harus diiringi dengan peningkatan mutu hasil panen. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan perawatan pohon dengan baik dan benar.
Untuk memulai budidaya jeruk pamelo, anda dapat mempersiapkan lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm. diamkan lubang selama sekitar 1 bulan. Setelah lubang siap, campur tanah dengan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Usahakan melakukan penanaman bibit di saat musim penghujan. Hal ini baik untuk tanaman, karena dengan begitu bibit bisa mendapat pengairan yang cukup. Buat galian kecil di sekitar bibit, letakkan pupuk kandang alu tutup kembali. Hal ini untuk memberikan nutrisi tambahan pada bibit.
Mengenai pengairan, ada beberapa fase yang harus diperhatikan pada penanaman jeruk pamelo. Yang pertama, pada saat tanaman berusia 0-3 tahun. Fase kedua saat tunas mulai tumbuh dan menjelang bunga tumbuh. Yang terakhir adalah pada saat mulai pembungaan hingga pembentukan buah jeruk. Saat menjelang pematangan buah kurangi pemberian air. Hal ini dilakukan hingga kurang lebih 3 bulan pasca panen.
Setelah buah berusia 7-8 bulan, buah sudah siap dipanen. Cara memanennya pun sangat mudah. Potong tangkai buah sekitar 2 cm di atas pangkal buah menggunakan pisau atau gunting tajam. Setelah pemanenan jangan lupa untuk selalu melakukan pemangkasan supaya muncul tunas baru dan pertumbuhan selanjutnya kualitas yang dihasilkan tetap baik.

Jual Bibit Jeruk Pamelo Madu

BIBIT JERUK PAMELO
BIBIT JERUK PAMELO

 

Nama                  : Jeruk Pamelo
Nama Lain         : Jeruk Bali
Perbanyakan     : Okulasi dan tempel
Daerah Tanam  : Dataran tinggi dan dataran rendah
Mulai Berbuah  : Mampu belajar berbuah diusia 2 tahun – 3 tahun
Berat Buah         : Rata-rata 2 kg / buah
Tabulampot       : Mampu tumbuh dengan baik dan berbuah didalam pot
Ketinggian Bibit:
 I. Kecil (50 cm – 70 cm)
II. Sedang ( 100 cm – 150 cm)
III. Tinggi ( 200 cm up)
Harga Bibit :
I. Bibit Ukuran Kecil
a. 1 bibit s/d 10 bibit  : Rp 70.000 (nego)
b. 11 bibit s/d 25 bibit   : Rp 60.000 (nego)
c. 26 bibit s/d 50 bibit   : Rp 45.000 (nego)
d. lebih dari 50 bibit    : Hubungi Customer Service kami 0857-2977-7657
II. Bibit Ukuran Sedang
a. 1 bibit s/d 10 bibit  : Rp 100.000 (nego)
b. 11 bibit s/d 25 bibit  : Rp 90.000 (nego)
c. 26 bibit s/d 50 bibit  : Rp 75.000 (nego)
d. lebih dari 50 bibit   : Hubungi Customer Service kami 0857-2977-7657
III. Bibit Ukuran Tinggi
a. 1 bibit s/d 10 bibit  : Rp 350.000 (nego)
b. 11 bibit s/d 25 bibit  : Cek Stock
c. 26 bibit s/d 50 bibit  : Cek Stock
d. lebih dari 50 bibit   : Hubungi Customer Service kami 0857-2977-7657
* Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Segera hubungi Customer Service kami untuk mendapatkan harga khusus. Melayani pengirirman keseluruh Indonesia dengan packing kayu dijamain aman. Garansi kemanan bibit , keaslian bibit dan bibit berbuah.
Bibit Jeruk Pamelo Madu- Jeruk Jumbo Yang Juga Disebut Jeruk Bali Dengan Rasa Manis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *