Buah Nangka Mini

Buah nangka merupakan buah yang termasuk dalam golongan buah berukuran besar. Kulitnya berduri, meski tidak setajam duri pada kulit buah durian. Buahnya berwarna kuning dengan aroma wangi yang sangat khas dan harum.
Meskipun lazimnya buah naga memiliki ukuran besar, kini di Indonesia telah mulai dibudidayakan varietas nangka baru yang buahnya memiliki ukuran separuh dari ukuran angka pada umumnya. Bila nangka biasa memiliki bobot hingga 15 kilogram, pada buah nangka mini setiap buahnya hanya memiliki bobot buah kurang lebih 7,5 kilogram.Bibit nangka mini

Tinggi pohonnya pun hanya mencapai tinggi 5 meter saja. Pohon nangka mini tumbuh optimal di daerah dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara minimum 18 derajat celcius dan suhu maksimalnya 31,5 derajat celcius. Tanaman nangka mini selain bisa ditanam di lahan luas, baik juga ditanam di lahan sempit dengan menggunakan pot. Perawatannya pun tidak sulit. Pohon juga dapat beradaptasi dengan baik, selama syarat-syarat tumbuhnya dipenuhi.

BACA JUGA : Wanginya Perpaduan Buah Nangka Dan Buah Cempedak (Nangkadak)

Tabulampot Nangka Mini

Tabulampot Nangka Mini

Cara menanam pohon nangka mini pada sistem tabulampot sedikit berbeda dengan penanaman di lahan luas. Berikut cara-cara yang dapat anda lakukan untuk menanam bibit nangka mini di dalam pot :

Bahan dan Alat Tabulampot Nangka Mini :

• Bibit nangka mini
• Pot dengan diameter minimal 60cm
• Pecahan genting/ bata
• Tanah berpasir
• Sekam mentah
• Pupuk kandang

Cara Menanam Tabulampot Nangka Mini :

• Siapkan bibit nangka mini yang akan anda tanam. Pastikan bibit yang akan anda gunakan sedang dalam kondisi sehat, tidak ada bagian yang terkena penyakit, virus maupun serangan hama. Gunakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetative, supaya lebih cepat pembuahannya.
• Tata potongan bata/genting pada dasar pot yang akan anda gunakan.
• Siapkan media tanam. Campur tanah, sekam mentah, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 2.
• Masukkan sebagian media tanam hingga 1/2 dari volume pot yang anda gunakan. Letakkan bibit nangka mini tepat di tengah. Lalu tambahkan kembali media tanam hingga kurang lebih 3 cm dari bibir pot.
• Siram media tanam secukupnya saja hingga tanah nampak lembab.

BACA JUGA : Jual Bibit Nangka Mini Unggul (Okulasi)

Proses penyiraman selanjutnya bisa anda lakukan setiap sehari sekali pada pagi hari. Bila sedang musim penghujan, frekuensinya bisa dikurangi menjadi tiga hari sekali. Penambahan nutrisi bisa dilakukan dengan memberikan pupuk NPK setiap 6 bulan sekali dan pupuk kandang setiap 1 tahun sekali.

TABULAMPOT NANGKA MINI – Cara Mudah Agar Pohon Nangka Mini Dapat Berbuah Didalam Pot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *