JUAL BIBIT NANGKA MINI – Kita mengenal nangka sebagai buah yang berukuran besar dan daging buahnya memiliki rasa manis, bergetah, dan memiliki wangi yang khas. Sangat nikmat dimakan langsung, maupun dibuat keripik, bahkan menjadi campuran es buah, sungguh sedap! Tapi pernahkah anda melihat buah nangka yang berukuran kecil? Tanaman ini betul-betul ada, lho. Dikenal dengan nama Nangka Mini, buah ini hanya berbeda ukuran saja dengan nangka biasa. Secara rasa, warna, tekstur, dan aroma tidak ada perbedaan berarti dari nangka mini dengan buah nangka lokal lainnya.

Bibit nangka mini

Tanaman nangka memiliki batang kayu keras. Percabangannya rimbun dan tumbuh miring ke atas. Tak hanya buahnya yang bergetah, seluruh bagian dari pohonnya memiliki getah, seperti daun dan batangnya. Pohon nangka mini bersifat genjah. Bahkan pada pohon yang sudah mencapai ketinggian 4 meter, dalam satu pohon bisa menghasilkan 40 buah nangka.

Penanaman bibit nangka mini membutuhkan lubang tanam berukuran 50x50x50 cm dengan menggunakan media tanam 20 liter tanah kompos dan 100 gram pupuk NPK. Pada bulan-bulan pertama, pohon nangka masih rentan terhadap sinar matahari terik maupun curah hujan tinggi. Oleh karena itu dibutuhkan naungan di atas pohon. Selain itu diperlukan saluran air di sekeliling tanaman supaya saat hujan turun cukup lebat air tidak menggenang di sekitar pohon sehingga tanah tidak terlampau becek. Pada usia 3 bulan, pohon nangka sudah mampu beradaptasi sehingga atap naungan sudah bisa dilepas. Memasuki usia 18 bulan tanaman nangka ini sudah sanggup berbuah. Untuk menghindari lalat buah, buah nangka mini perlu dibbungkus menggunakan plastik atau daun kelapa yang dianyam. Karena lalat buah bisa menyebabkan buah berlubang dan menjadi busuk.

Karena ukurannya yang mini, penanaman pohon nangka mini tidak memerlukan lahan yang luas. Bahkan ketika ditanam di dalam pot, umur berbuahnya bisa menjadi lebih tua. Selain menjadi tanaman hias, anda dapat menikmati hasil tanamnya yang tidak berkurang sedikitpun kualitasnya walaupun tidak ditanam di lahan terbuka. Bahkan pada usia 9 bulan, pohon nangka mini yang ditanam di pot sudah mampu berbuah.

Nangka mini akan terus berbuah sepanjang tahun dan tidak mengenal musim. Walaupun ukuran tidak besar, tapi dengan jumlah yang jauh lebih banyak pohon nangka mini mamu memberikan hasil secara berkelanjutan kepada pemiliknya. Bagaimana, apakah anda tertarik membudidayakan si mini dengan nilai ekonomi maxi ini?

Bibit Nangka Mini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *