Buah nangka madu merupakan salah satu varietas nangka yang unggul. Ukuran buahnya besar, daging buahnya berwarna kuning dan tebal. Rasa buahnya sangatlah manis layaknya madu, sesuai dengan namanya. Pohonnya yang memiliki ukuran besar bukan berarti membuat nangka madu tidak bisa dibudidayakan sebagai tabulampot. Justru dengan muai terbatasnya lahan tanam saat ini tabulampot buah nangka madu mulai digandrungi masyarakat. Selain tidak membutuhhkan lahan yang luas, biasanya tanaman dalam pot mudah berbuah dan jumlahnya banyak.

Tabulampot Nangka Madu

Menanam pohon nangka madu dalam pot tidaklah membutuhkan tekhnik khusus. Sama saja dengan menanam pohon lain pada umumnya. Jika diatanam dalam lahan usahakan menanam bibit saat musim kemarau. Karena saat musim penghujan, tanah akan cenderung lembek tidak gembur dan sangat sulit untuk ditanami. Namun jika tabulampot nagka madu tidak perlu menunggu musim hujan untuk menanamnya, karena media tanam bisa kita atur sendiri.

Buah berkualitas harus berawal dari bibit yang sehat. Pastikan bibit yang hendak anda tanam bebas dari hama, virus maupun penyakit. Batangnya harus segar dan daunnya pun lebat. Gunakan pot dengan diameter minimal 60 cm yang bagian bawahnya berlubang. Lubang tersebut nantinya sebagai area drainase. Letakkan beberapa potongan styrofoam pada dasar pot. Hal ini bertujuan supaya sisa air penyiraman yang blm keluar tidak menggenang di dasar pot, terserap dlam styrofoam. Karena genangan air bisa mengganggu pertumbuhan pohon nangka yang anda tanam.

Media tanam yang perlu anda siapkan adalah tanah berhumus, sekam mentah, kompos daun, pupuk kandang, sekam bakar dengan perbandingan 2 : 1 : 2 : 2 : 1. Campur bahan-bahan tersebut hingga benar-benar rata. Lalu masukkan ke dalam pot yang sudah diberi potongan styrofoam hingga setengah dari kapasitas pot. Letakkan bibit nangka di bagian tengah media tanam, lalu tambahkan kembali media tanam hingga kurang lebih 2 cm di bawah bibir pot. Lakukan penyiraman secukupnya hingga tanah nampak lembab saja.

Pada masa awal penanaman, letakkan tabulampot nangka madu anda di tempat yang sejuk, dengan sinar matahari tidak langsung. Biarkan bibit pohon beradaptasi di tempat hidupnya yang baru. Bila pohon sudah nampak kuat barulah pindahkan ke tempat dengan sinar matahari langsung.

Penambahan nutrisi pada tabulampot nangka madu sangat dibutuhkan. Sebaiknya gunakan pupuk yang organik. Karena pupuk kimia dapat menghilangkan unsur hara yang terkandung di media tanam. Sedangkan pupuk organik mengandung jutaan mikroorganisme yang baik untuk mengurai tanah dan mengundang berbagai ohewan untuk hidup di tanah dan membuat tanah semakin gembur.

TABULAMPOT NANGKA MADU – Cara Mudah dan Cepat Membuahkan Nangka Madu Didalam Pot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *