CARA MUDAH BUDIDAYA MAMEY SAPOTE LORITO YANG MANIS

DESKRIPSI MAMEY SAPOTE

Mamey sapote merupakan salah satu hasil perubahan genetika produk perkebunan dari buah sawo.

Buah sawo biasanya identik dengan buah yang berukuran sebesar telur ayam, berkulit dan berdaging coklat dengan rasa manis. Namun seiring ditemukannya aneka perubahan genetika, buah sawo yang berukuran mini dapat berubah sedemikian rupa sehingga berukuran besar atau dikenal dengan sebutan sawo raksasa (Pouteria Sapota).

Pada mulanya Mamey Sapote merupakan pohon buah yang berasal dari Amerika Tengah. Namun saat ini, buah Mamey sapote ini sudah cukup banyak dibudidayakan di beberapa negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Mamey sapota disebut sawo raksasa karena bentuknya yang berukuran sangat besar jauh dari ukuran sawo lokal.

Keunikan buah Mamey sapote dibandingkan sawo lokal yaitu buah mamey sapote hanya memiliki satu biji sawo di tengah buahnya, sedangkan buah sawo lokal memiliki banyak biji sehingga buah Mamey lebih memudahkan saat dimakan karena bijinya sedikit.

MAMEY SAPOTE LORITO

Buah Mamey sapote lorito adalah buah Mamey yang berukuran jumbo yakni 1,5 kg per buah.

Ukuran ini jauh lebih besar bila dibandingkan dengan buah Mamey lainnya yang hanya berkisar 800 gram per buah. Diameter buahnya dapat mencapai 12 cm dan panjangnya hingga 19 cm.

Mamey sapote lorito ini memiliki daging buah yang tebal dengan ukuran biji yang sangat kecil, sangat cocok untuk dikonsumsi dan dibudidayakan. Warna daging buahnya merah.

Keistimewaan lain dari Mamey sapote lorito ini yaitu tekstur daging buahnya sedang, tidak terlalu keras juga tidak terlalu lembek sehingga enak dikunyah di lidah, lembut dan tidak lengket.

KEUNGGULAN MAMEY SAPOTE LORITO

Buah Mamey sapote lorito memiliki tingkat kemanisan yang lebih tinggi dibandingkan buah Mamey yang lain.

Kadar kemanisan Mamey sapote lorito bila diukur dengan refraktometer memperoleh hasil 28° briks, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mamey sapote magana yang hanya memiliki tingkat kemanisan 18° briks. Soal citarasa manis,

Mamey sapote lorito langsung terasa di lidah. Keunikan lain dari buah Mamey sapote lorito yaitu memiliki tekstur daging buahnya sedang, tidak sekeras magana dan keywest, tetapi juga tidak terlalu lembek.

MANFAAT MAMEY SAPOTE LORITO

Selain bisa langsung dikonsumsi, mamey sapota biasanya juga dibuat menjadi selai, milkshake hingga es krim yang lezat.

Kabar gembiranya lagi untuk Anda pecinta buah Mamey, Mamey sapote lorito ini aman dikonsumsi dan memiliki gizi yang baik untuk kesehatan. Mamey sapote lorito ini tinggi akan kalori, vitamin C, dan rendah lemak.

Jadi Anda dan keluarga atau orang terdekat Anda tidak perlu takut lagi akan dampak negatif perihal peningkatan kolesterol jahat ketika menikmati buah ini, aman dikonsumsi.

CARA BUDIDAYA TANAMAN MAMEY SAPOTE LORITO

Untuk Anda yang tertarik untuk membudidayakan buah Mamey sapote lorito ini, Anda tidak perlu khawatir.

Budidaya buah ini cukup mudah dan tidak memerlukan perlakuan khusus yang menyulitkan, sehingga lebih mudah untuk membudidayakan dibandingkan budidaya sawo lokal.

Pencakokan atau sambung susu memiliki tingkat keberhasilan tumbuh tinggi.

Penanamannya juga bisa dilakukan di dataran rendah dan dataran tinggi dengan sinar matahari sepanjang hari. Penyiraman dilakukan dua kali sehari atau ketika musim kemarau bisa lebih banyak. Mamey sapote tidak memerlukan air dalam jumlah banyak atau tergenang.

Anda cukup memberi 25 kilogram air di sekitar perakaran setiap enam bulan satu kali. Pemupukan diberikan selama sebulan sekali menggunakan pupuk NPK Daun.

Di saat tanaman mulai memasuki masa pembungaan, silakan memberi pupuk NPK dengan perbandingan 15:15:15. Pohon buah ini bisa tumbuh di Indonesia karena tidak mudah diserang hama penyakit. Bahkan pohon akan menghasilkan buah dengan kualitas super ketika pohon baru berumur 4 tahun.

Lebih sederhananya, ikuti langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menanam bibit buah Mamey sapote lorito ini adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan bibit buah Mamey sapote lorito yang sudah dibeli.
  2. Tanam di lahan gembur yang sudah dicangkul.
  3. Sirami pohon buah Mamey sapote lorito yang sudah ditanam secara rutin sehari 2 kali, pagi dan sore dengan air secukupnya agar tanaman tidak layu. Tanaman ini tidak memerlukan air yang menggenang, secukupnya saja.
  4. Berikan pupuk NPK daun setiap sebulan sekali sejak penanaman.
  5. Saat tanaman mulai memasuki masa pembungaan, silakan memberi pupuk NPK dengan perbandingan 15:15:15.
  6. Ketika buah sudah matang, buah siap dipanen dan dikonsumsi.

Sangat mudah bukan? Tunggu apa lagi. Segera budidayakan buah Mamey sapote lorito sekarang juga mumpung masih langka sehingga harga jual tinggi

JUAL BIBIT MAMEY SAPOTE LORITO

Untuk Anda yang berminat membudidayakan buah Mamey sapote lorito,

Anda juga bisa menanamnya di depan rumah karena pohon Mamey Sapote Lorito ini cukup rindang dan sejuk sehingga manfaat udara sehat dpaat dirasakan setiap saat. Sudah enak, lezat, menyehatkan, bikin udara sejuk lagi.

Untuk info pemesanan bibit buah Mamey sapote lorito ini Anda bisa menghubungi 0812 1136 9090 . Buruan pesan sebelum sold out, STOK terbatas untuk bibit buah langka yang manis ini.

Selamat mencoba dan BudidayaMamey sapote lorito ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *