Budidaya Buah Bit – Buah bit merupakan salah satu umbi yang sebenarnya termasuk dalam golongan sayur mayur. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sangatlah luar biasa. Sayangnya, buah bit yang dijual di pasaran, terutama di swalayan masih tergolong tinggi harganya. Bila anda berniat untuk menanam sendiri buah bit untuk anda konsumsi secara pribadi atau bahkan ingin anda budidayakan secara besar-besaran anda bisa mencoba cara berikut :

budidaya buah bit
budidaya buah bit

Umbi bit biasa tumbuh di daerah dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 1.000 mdpl bagi bit merah, dan 500 mdpl bagi bit putih. Apabila iklim sudah sesuai dengan jenis buah bit yang ingin anda tanam, sekarag anda bisa mempersiapkan bibit bit. Anda bisa membelinya secara online maupun di toko bibit buah dan sayur.

Setelah bibit siap, anda bisa mulai menyiapkan media tanam yang akan digunakan untuk budidaya buah bit.

Tanaman bit dapat tumbuh dengan baik di tanah yang gembur yang memiliki kadar pH tanah 6 hingga 7, dan tidak tergenang air. Media tanam yang dapat anda gunakan berupa campuran tanah dengan pupuk kandang. Selanjutnya media tanam tersebut dicampur rata dan digemburkan kembali dengan cara dicangkul, lalu dibentuk menjadi bedengan. Ukuran bedengan bisa anda buat dengan panjang menyesuaikan kebun anda, lebarnya 80 cm, dan tebal 40 cm. apabila anda ingin membuat banyak bedengan, beri jarak sekitar 30 cm di setiap bedengannya. Diamkan bedengan selama 3 hari, lalu tutup menggunakan plastic mulsa supaya tingkat pertumbuhan rumput atau gulma lainnya dapat ditekan.

bibit buah bit
bibit buah bit

Untuk membuat lubang tanam, hal pertama yang harus anda lakukan adalah melubangi plastic mulsa. Gunakan gunting yang tajam untuk melubangi plastik, buat jarak 20 cm di setiap lubangnya. Dengan menggunakan kayu atau bamboo yang di bagian ujungnya sudah diruncingkan, buat lubang tanam pada bedengan. Masukkan ke setiap lubang tanam, 1 biji bit, lalu tutup kembali lubang menggunakan tanah dengan sedikit dipadatkan.

Dalam waktu sepekan bibit buah bit akan mulai tumbuh. Anda bisa memulai perawatan dengan cara memangkas tangkai daun yang tidak segar dan cenderung lunglai. Bila nampak gulma tumbuh di sekitar pohon buah bit bisa segera anda bersihkan. Penambahan nutrisi terbagi menjadi 2 cara. Bila anda menginginkan buah bit organic, pemupukan bisa anda lakukan dengan menambahkan pupuk kandang. Sedangkan apabila anda itidak menginginkan buah yang organic, anda bisa menggunakan pupuk TSP, Urea, dan KCL.

3 bulan pasca penanaman, anda sudah mulai memasuki masa panen bit. Namun, untuk mengecek apakah buah bit anda memang sudah benar-benar siap panen, anda bisa membongkar sedikit tanah di skeitar pohon bit anda. Apabila umbi bit sudah nampak besar, anda bisa memanen buah bit yang sudah anda tanam.

Itu tadi adalah cara budidaya buah bit yang bisa anda coba di rumah. Bila anda mengalami kesulitan mendapatkan bibit buah bit, jangan ragu untuk menguhubungi call center kami disini.

Buah Bit yang mudah dalam pembudidayaannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *