Jenis Buah Tanaman Srikaya yang Banyak Dijajakan di Pasaran

JENIS SRIKAYA UNGGUL – Buah srikaya atau biasa dikenal sebagai buah srikaya merupakan buah yang berasal daerah tropis. Memiliki bentuk bulat yang lebar di bagian atasnya dan sedikit mengecil di bagian bawahnya. Kulit buahnya bertipe kulit bermata banyak dengan warna hijau. Daging buahnya memiliki warna putih dengan tekstur yang sangat lembut.

Buah dengan nama ilmiah Annona squamosa ini juga sering disebut dengan nama sugar apple. Hal ini disebabkan karena rasa buah yang sangat manis. Buah srikaya memiliki banyak jenis dan varietas. Berikut beberapa varietas srikaya yang banyak dijajakan di pasaran :
•    SRIKAYA MERAH
Bila kebanyakan buah srikaya memiliki warna kulit hijau, pada jenis srikaya merah memiliki warna kulit buah merah. Jenis ini bisa dibilang cukup jarang ditemukan baik buah maupun pohonnya di Indonesia. Kulit buahnya sangat cantik karena berwarna merah dengan semburat keunguan. Buah yang berasal dari Australia ini terasa sangat manis, dan aroma buahnya sangat harum. Daging buahnya berwarna putih dengan semburat kemerahan di pinggirnya.
•    SRIKAYA JUMBO
Bila kebanyakan buah srikaya memiliki bobot berkisar antara 200 hingga 300 gram, jenis srikaya jumbo ini memiliki bobot mencapai 1 kilogram. Selain ukurannya yang jumbo, daging buahnya pun memiliki tekstur yang sangat lembut dengan biji yang sedikit dan daging buahnya tidak terasa berpasir. Rasa buahnya pun jauh lebih manis bila dibandingkan dengan varietas srikaya lainnya.
•    SRIKAYA KUNING
Srikaya yang satu ini sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan dengan varietas lainnya. Namun, warna kulitnya kuning, dimana biasanya buah nona (nama lain srikaya) memiliki warna kulit hijau. Tak hanya kulit buahnya yang berwarna kuning cerah, daging buahnya pun memiliki warna putih dengan semburat kuning. Memiliki banyak biji kecil pipih berwarna hitam. Rasa buahnya sangat manis, dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak pula.
•    SRIKAYA TANPA BIJI
Buah srikaya merupakan buah yang terkenal dengan banyak jumlah biji yang kecil dan banyak. Hal ini membuat beberapa orang merasa enggan untuk mencicipi buah srikaya. Namun, kini anda dapat mencicipi buah srikaya tanpa harus memilah biji-bijinya yang banyak. Karena telah mulai dibudidayakan jenis srikaya tanpa biji. Srikaya tanpa biji (seedless) ini memiliki tekstur daging buah yang sangat lembut dan rasanya manis. Srikaya ini selain nikmat dikonsumsi segar, juga sangat cocok untuk diolah menjadi selai maupun makanan olahan lainnya.

Jenis Buah Tanaman Srikaya yang Banyak Dijajakan di Pasaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *