JENIS RAMBUTAN UNGGUL – Buah rambutan adalah buah bergerombol dengan kulit buah berambut dengan warna hijau saat muda dan akan berubah menjadi merah saat matang. Berbentuk bulat hingga lonjong, dengan daging buah berwarna putih dan biji yang menyerupai kacang almond. Berbagai jenis rambutan memiliki ciri dan rasa masing-masing. Ada yang memiliki rasa manis terkadang diselipi rasa asam, ada pula yang memiliki tekstur yang mudah lepas dari bijinya, ada juga yang sulit, sehingga saat dikonsumsi banyak daging buah yang tertinggal menempel di biji buah rambutan.

buah rambutan binjai

Di Indonesia, masyarakat sangat menyukai buah rambutan. Harganya cukup terjangkau, dan pada saat musim-musimnya, akan sangat mudah menemukan penjaja rambutan di berbagai tempat. Baik untuk mengethaui jenis-jenis rambutan unggul dengan rasa yang nikmat sebelum anda membeli buahnya atau menanam bibitnya. Berikut bebrapa jenis rambutan yang unggul dan banyak dikonsumsi di Indonesia :
• RAMBUTAN RAPIAH
Nampaknya rambutan rapiah merupakan salah satu jenis rambutan yang sangat difavoritkan oleh berbagai kalangan masyarakat. Rambutan ini memiliki kulit yng rambutnya pendek. Bila anda menemukan pedagang yang menawarkan rambutan rapiah dengan kulit yang berwarna hijau atau kuning, bukan berarti rambutan yang mereka jajakan merupakan rambutan mentah. Karena memang tipikal kulit rambutan rapiah seperti itu. Meski nampak mentah, ketika dikupas anda akan menemukan rambutan berdaging buah tebal mudah terkelupas dari biji dengan rasa buah yang sangat manis segar.
• RAMBUTAN SIBONGKOK
Rambutan asli Kalimantan Selatan ini merupakan salah satu varietas yang diklaim unggul. Berasal dari Sungai Luhut, rambutan ini memiliki bentuk lonjong dengan warna kulit buah merah tua sedikit kecoklatan saat buah matang. Daging buahnya memiliki kadar air sedikit rendah, bijinya kecil. Bobot satu buah rambutan sibongkok mencapai 51 gram. Setiap pohonnya dapat memproduksi hingga 225 kilogram rambutan di setiap tahunnya.
• RAMBUTAN BINJAI
Varietas ini juga salah satu yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Berasal dari Binjai seperti namanya. Kulit buahnya berwarna merah tua hingga merah darah dengan daging buah berwarna putih, tebal, dan rasanya sangat manis. Daging buahnya juga mudah terkelupas dari bijinya sehingga sangat memudahkan anda dalam menikmati rambutan.
• RAMBUTAN GARUDA
Berasal dari Kalimantan Selatan juga seperti sibongkok, rambutan garuda memiliki keunggulannya sendiri. Dengan ukuran buah yang jauh lebih besar dari varietas lain, daging buahnya lebih tebal, dan rasanya manis dengan kadar air rendah. Kadar air rendah membuat rambutan garuda terasa renyah teksturnya. Kulit buahnya berwarna merah dengan semburat kuning di ujung-ujung rambutnya.
• RAMBUTAN LEBAK BULUS
Buah rambutan unggul bukan hanya dicari untuk dikonsumsi segar saja, melainkan juga untuk diolah kembali. Rambutan yang berasal dari Lebak Bulus, Jakarta ini sangat cocok bila dijadikan sebagai bahan dasar makanan kalengan. Hal ini disebabkan oleh buahnya yang memiliki kadar air yang tinggi dan rasanya manis dengan sedikit asam menyegarkan. Sangat cocok apabila dijadikan manisan maupuan rambutan kalengan.

*Untuk mendapatkan beberapa jenis bibit rambutan tersebut , anda bisa menghubungi Customer Service kami di no 0857-2977-7657.

Beberapa Jenis Buah Rambutan Unggulan yang Sangat Bagus Untuk Dibudidayakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *