JENIS KURMA TROPIS UNGGUL – Buah kurma merupakan buah yang identik dengan negara Timur Tengah. Pohonnya termasuk dalam golongan palem-paleman. Bentuk buahnya lonjong dengan ukuran sedang, bijinya lonjong tipis di dalam daging buahnya. Rasa buahnya sangat manis. Buah kurma merupakan buah yang memiliki kadar air yang rendah.

Jika dahulu kita hanya bisa mengonsumsi buah yang berasal dari daerah gurun ini dalam bentuk kemasan yang diimpor dari Arab, kini kita juga bisa menyicipi buah kurma yang bisa kita petik dari pekarangan rumah kita sendiri, lho. Karena sekarang buah kurma sudah dikembangkan dan dapat ditanam di daerah tropis. Kurma tropis dikembangkan oleh negara Thailand secara komersial. Pohon kurma tropis dapat belajar berbuah di saat pohon berusia 3 tahun. Anda tertarik untuk menanam pohon kurma di pekarangan anda sendiri? Berikut beberapa jenis kurma tropis unggul yang bisa tumbuh di Indonesia :

• KURMA KL1
Pohon kurma KL1 bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 10 meter. Pohon akan belajar berbuah di saat usia tanam mencapai tahun ketiga. Dari satu pohon, dapat dihasilkan buah kurma sebanyak 5-10 tandan buah kurma, yang berat per tandannya bisa mencapai hingga 10 kilogram. Buah kurma tropis memiliki beberapa fase untuk dinikmati. Bila anda cenderung menyukai buah dengan tektur renyah, cobalah mengonsumsi kurma dalam keadaan masih segar. Namun bila anda mau sedikit bersabar, menikmati kurma yang sudah matang akan menghadirkan rasa manis legit dengan tekstur daging buah yang sangat lembut.

• KURMA BARHEE
buah kurma barhee termasuk dalam buah kurma lunak. Memiliki warna kuning sawo saat muda, dan berubah menjadi kecoklatan di saat sudah tua. Daging buahnya sangat tebal, dan tekstur buahnya sangat lembut. Rasa manisnya sangat kuat, cocok bila dikeringkan seperti buah anggur dikeringkan menjadi seperti kismis.
Menanam pohon kurma tropis dengan optimal membuuhkan daerah dengan suhu sekitar 32-35 derajat celcius. Kira-kira di daerah dengan ketinggian 50 mdpl dengan curah hujan 1.500 mm per tahunnya. Pohon kurma tropis dapat tumbuh hingga tinggi pohon mencapai 1 meter. Namun, pohon kurma membutuhkan lahan yang luas, dan datar tanpa terganggu tanaman lain supaya nutrisi pohonnya dapat terpenuhi dengan baik.

Saat ini, kurma tropis belum banyak dibudidayakan di Indonesia. Di Thailand, sudah banyak perkebunan kurma tropis yang dibuka secara komersial. Sehingga selain mendapatkan pemasukan dari buah kurma tersebut, juga mendapat pemasukan dari wisatawan yang berkunjung.

*Untuk mendapatkan beberapa jenis bibit kurma tersebut , anda bisa menghubungi Customer Service kami di no 0857-2977-7657.

Beberapa Jenis Tanaman Kurma Tropis Yang Bagus Untuk Dibudidayakan di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *