Ciri bibit kelengkeng New Kristal atau Kristal 2 yang Bagus – Kelengkeng new kristal tergolong kelengkeng non temprate, yang pembuahannya perlu perlakuan khusus. Namun lengkeng jenis ini sangat tersohor karena tingkat produktivitasnya yang sangat tinggi serta kwalitas buahnya yang bagus. Hampir kebanyakan calon pekebun lengkeng lebih melirik pada jenis lengkeng new kristal ini. Alasan Memilih Menanam Jenis Kelengkeng New Kristal, karena keuntungan yang didapat sangat besar, meski dengan pemberian booster oatau obat perangsang buah saat akan membuahkannya.

Dalam membudidayakan lengkeng new kristal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain Cara membuahkan kelengkeng new kristal. Pemelihan bibit harus tepat, karena pertumbuhan tanaman dipengarungi oleh kwalitas bibit. Jika anda tidak memperhatikan bibit yang akan ditanam, maka keuntungan yang nanti anda dapatkan juga kurang maksimal.berikut beberapa ciri bibit yang bagus menurut kami.

Ciri Bibit Kelengkeng New Kristal Yang Bagus
Bibit Kelengkeng New Kristal berkwalitas di kebun kami

Ciri Bibit Kelengkeng New Kristal Yang Bagus

1. Cara Perbanyakan Bibit

Bibit Lengkeng New Kristal merupakan bibit dari perbanyakan okulasi, sambung, tempel atau cangkok. Jangan sampai mendapatkan bibit dari biji, karena bibit dari biji selain pertumbuhan dan masa siap berbuahnya lama juga sifat dari indukan belum tentu diturunkan pada bibit dari biji tersebut

Untuk bibit dari cangkok memiliki keunggulan pohon lebih cepat berbuah karena bibit lengkeng new kristal dari cangkok berasal dari indukan batang tua. Selain itu juga pohon sangat cocok di jadikan Tabulampot, karena meski postur pohon pendek namun sudah mampu berbuah. Meskipun demikian, bibit dari cangkok juga memiliki kekurangan yaitu pada perakaran pohon yang tidak kuat. Hal ini dikarenakan pohon tidak memiliki akar tunggal seperti dari biji meskipun sampai pohon berusia tua, akibatnya pohon akan sangat mudah roboh apalagi ketika pohon sudah besar. Bibit lengkeng new kristal dari cangkok kurang tepat jika dikebunkan, namun untuk tabulampot hal ini masih aman. Selian perakaran yang tidak kuat, sampai artikel ini ditulis bibit lengkeng new kristal dari cangkok juga masih sangat jarang ada. Kecuali indent atau selainnya.

Ciri Bibit Kelengkeng New Kristal Yang Bagus
Bibit Keengkeng New Kristal dengan Teknik Sambung Sisip

Untuk bibit dar teknik grafting diantaranya sambung, tempel dan okulasi, sangat cocok untuk dikebunkan. Teknik ini menggunakan batang bawah dari bibit lengkeng yang tumbuh dari biji kemudian batang ditempel, atau disambung dengan tunas jenis kelengkeng new kristal. Oleh karena itu bibit kelengkeng new kristal dari perbanyakan ini memiliki perakaran yang kuat. Selain itu juga mampu berbuah lebih cepat.

2. Batang Bawah Bibit

Ciri Bibit Kelengkeng New Kristal Yang Bagus
Ukuran Batang Bawah Tidak Terlalu Kecil

Untuk bibit yang bagus, pilihlah batang bawah yang cukup besar, minimal seukuran batang rokok. Jika terlalu kecil maka pertumbuhan hasil sambungan atau tempelan akan lambat. Semakin besar batang bagian bawah, maka pertumbuhan tanaman akan lebih cepat. Hal ini dikarenakan bibit kelengkeng new kristal yang memiliki batang bawah besar memiliki akar yang lebih besar dan banyak sehingga makanan yang diangkut akan lebih banyak.

3. Jarak antar mata tunas (daun)

Ciri Bibit Kelengkeng New Kristal Yang Bagus
Bibit Dalam Kondisi Prima

Pilihlah bibit kelengkeng new kristal yang memiliki batang dengan jarak antar mata tunas atau batang daun panjang. Hal ini menunjukkan bahwa tanaman tersebut sehat dan pertumbuhannya akan lebih cepat, meski untuk memperpanjang tangkai ini bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan sitokinin pada tangkai bunga. Panjangnya tangkai ini juga nanti akan berpengaruh terhadap tingkat produktivitas pohon.

4. Usia bibit

Jika anda ingin langsung menanam bibit langsung di lahan maka sebaiknya pilihlah bibit yang sudah besar, meski harga lebih mahal namun tingkat kemungkinan kematian bibit akan lebih kecil karena bibit sudah memiliki akar yang banyak. Selain itu pertumbuhan tanaman juga lebih cepat sehingga waktu untuk menunggu berbuah juga lebih cepat. Namun jika menghendaki bibit yang masih kecil dengan tujuan untuk menekan biaya modal, maka tidak ada slahnya juga memilih bibit yang masih kecil. Untuk bibit dari perbanyakan grafting minimal bibit sudah berumur 4 bulan dari tempel/sambung, atau sudah mupus atau bertunas minimal 3 kali. Dengan tujuan bibit sudah memiliki daun tua.

Berikut Ciri Bibit Kelengkeng New Kristal Yang Bagus. Selain ke empat hal tersebut, secara kasat mata juga bisa dilihat bibit yang sehat dan terkena penyakit. Untuk membantu anda mendapatkan bibit kelengkeng new kristal yang bagus, kami menyediakan bibit kelengkeng new kristal dengan perbanyakan sambung pucuk dan tempel. Bibit dijamin berkualitas, sehat dan siap tanam. Untuk informasi lebih lengkap terkait Bibit Kelengkeng New Kristal silahkan menghubungi costumer service kami.

Ciri Bibit Kelengkeng New Kristal atau Kristal 2 yang Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *