CARA MENANAM JAMBU BIJI BANGKOK DALAM POT

Buah jambu biji merupakan salah satu buah yang dapat dengan mudah dibeli di pasaran. buah tropis asal negeri Samba, Brazil ini memiliki bentuk buah bulat dengan kulit hijau dan daging buah putih dengan biji yang sangat banyak. Bijinya berukuran sangat kecil, berbentuk bulat dengan tekstur keras. Seringkali biji tersebut membuat orang yang mengonsumsi merasa terganggu. Bila anda merasakan hal tersebut, cobalah untuk mengonsumsi jambu Bangkok sebagai alternatif.

Jambu Bangkok merupakan salah satu varietas jambu biji dengan ukuran besar, daging buah tebal, dan kandungan bijinya sangat sedikit. Karena memiliki ukuran buah yang besar dan kandungan biji yang sangat sedikit, tak heran harga jual jambu Bangkok lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis jambu biji lainnya. Menanam pohonnya sendiri adalah salah satu cara supaya anda bisa puas menikmati jambu Bangkok tanpa harus pusing memikirkan anggaran pengeluaran yang membengkak.

Pohon yang dapat tumbuh baik di daerah dengan ketinggian hingga 1200 mdpl ini dapat tumbuh hingga tinggi mencapai 6 meter. Namun, dengan tinggi pohon tersebut, bukan berarti mustahil bagi anda yang memiliki lahan sempit untuk menanam pohon jambu Bangkok sendiri. Cobalah menanam di dalam pot. Pilihlah bibit jambu Bangkok yang sehat, dengan usia minimal 4 bulan dari pembibitan awal. Karena bibit yang sehat tentu akan menghasilkan buah berkualitas di kemudian hari.

Karena ukuran pohon jambu biji Bangkok ini cukup besar, gunakanlah pot dengan ukuran besar, minimal diameternya 80-100cm. Apabila sulit menemukan pot dengan ukuran besar, cobalah untuk menggunakan drum bekas. Jangan lupa untuk membuat lubang drainase pada bagian dasarnya. Media tanam yang perlu anda persiapkan adalah tanah gembur dan pupuk kandang. Dengan perbandingan 1 : 1, campur rata kedua bahan tersebut. Masukkan media tanam ke dalam pot kurang lebih hingga mencapai ½ dari volume pot yang anda gunakan. Selanjutnya buat lubang tanam pada bagian tengahnya, letakkan bibit yang sudah dilepas polybagnya di lubang tersebut. Tutup kembali menggunakan media tanam hingga hampir memenuhi pot. Setelah itu lakukan penyiraman hingga media tanam jenuh air.

Pada masa dua minggu penanaman, lakukan penyiraman setiap dua kali sehari di pagi dan sore hari. Setelah itu, frekuensi penyiraman bisa anda kurangi menjadi 1 hari sekali. Pasca dua minggu penanaman mulailah membersihkan gulma-gulma yang sudah mulai tumbuh di sekitar tabulampot jambu Bangkok anda, supaya nutrisi pada tanah bisa terserap utuh oleh tabulampot jambu Bangkok anda.

CARA MENANAM JAMBU BIJI BANGKOK DALAM POT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *