CARA BUDIDAYA JAMBU AIR KESUMA MERAH DALAM POT

Buah jambu air adalah salah satu buah yang memiliki rasa yang manis dan segar. Tekstur buahnya sangat renyah dengan kadar air cukup tinggi. Biasanya tak hanya dikonsumsi segar, buah jambu air juga nikmat dicocol sambal pedas manis ala rujak potong, atau diserut bersama dengan berbagai jeis buah dan disajikan bersama saus kacang pedas manis ala rujak buah.

Berbagai jenis jambu air unggulan tumbuh di Indonesia. Salah satu jenis jambu air unggul yang dijamin tidak akan membuat anda rugi bila mencicipinya adalah jambu air kesuma merah. Jenis ini memiliki bentuk lonceng besar, dengan warna kulit merah merona. Rasanya sangat manis, dengan daging buah yang penuh hingga tidak memberi ruang untuk biji tumbuh di dalamnya.

Pohon jambu air kesuma merah tubuh dengan baik di daerah dataran rendah, dengan ketinggian hingga 500m di atas permukaan laut. Batangnya berwarna kecoklatan, dan dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 5 meter. Tanaman jambu air kesuma merah mampu berbuah dengan baik di saat usia tanamnya mencapai 2,5 tahun. Hal ini disebabkan karena ukuran pohonnya lebih besar bila dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya.

Selain dibudidayakan di lahan perkebunan yang luas, membudidayakan jambu air kesuma merah juga dapat anda lakukan di dalam pot. Hal ini sangat membantu anda yang memiliki keterbatasan lahan. Menanam tabulampot jambu air kesuma merah harus diawali dengan pemilihan bibit yang baik dan sehat. Karena bibit yang baik merupakan awal dari buah super berkualitas. Gunakanlah pot berdiameter minimal 50 cm, tambahkan pula lubang drainase pada dasar dan samping pot bila belum ada. Hal ini bertujuan supaya proses drainase pada saat dilakukan penyiraman berjalan lancer, sehingga air tidak menggenang di media tanam.

Media tanam yang diperlukan berupa campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 2. Sebelum memasukkan media tanam ke dalam pot, tata terlebih dahulu potongan kerikil atau bata di bagian dasar pot, supaya saat dilakukan penyiraman media tanam tidak ikut hanyut terbawa air. Masukkan media tanam hingga 1/2 volume pot, lalu letakkan bibit jambu tepat di bagian tengah. Tambahkan kembali media tanam hingga 5cm di bawah bibir pot. Setelah proses penanaman selesai, lakukan penyiraman hingga media tanam nampak jenuh air.

Selanjutnya anda dapat melakukan penyiraman setiap hari dua kali. Penambahan nutrisi berupa pupuk bisa anda lakukan saat bibit mencapai usia tanam 3 bulan. Pemupukan bisa dlakukan dengan memberi pupuk kandang berupa kotoran kambing, dan dilakukan setiap 3 bulan sekali.

CARA BUDIDAYA JAMBU AIR KESUMA MERAH DALAM POT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *