CARA MEMBUAT TABULAMPOT JAMBU AIR DALHARI

Jambu air dalhari, merupakan varietas lokal asli Sleman, Yogyakarta yang kualitasnya termasuk premium. Warna buahnya merah maroon, dengan daging bbuah bertekstur renyah dan rasanya super manis. Ukuran buahnya pun cukup besar dengan daging buah yang tebal. Bahkan kadang hingga tidak menyisakan ruang untuk bbiji di dalamnya, sehingga bila beruntung anda bisa saja mendapatkan buah jambu dalhari yang tidak berbiji. Satu buah jambu dalhari bisa memiliki bobot mencapai 60-100 gram.

Pohon jambu dalhari memiliki batang dengan warna coklat semburat hitam. Tanamannya bersifat genjah,meski saat awal belajar berbuah buahnya tidak banyak, namun akan sangat produktif di usia tanamnya yang ke 3 hingga 4 tahun. Meski sangat cocok untuk dibudidayakan secara besar-besaran, bagi anda yang tak memiliki lahan luas juga bisa menanam pohon jambu dalhari dengan cara menanamnya di dalam pot.

Menanam jambu dalhari dalam pot tidak membutuhkan bahan maupun tekhnik perawatan khusus. Cukup anda siapkan pot dengan diameter minmal 50 cm untuk menanam bibit jambu air dalhari. Pot harus dilengkapi dengan lubang drainase pada dasarnya. Pastikan bibit yang akan anda tanam merupakan bibit yang sehat, terbebas dari berbagai penyakit maupun virus. Karena satu bagian terjangkit, maka bisa jadi menular ke bagian-bagian lainnya. Selanjutnya persiapkan media tanam yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan tanah berhumus dengan pH 6.

Lalu campur tanah tersebut dengan sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 2 : 2. Diamkan media tanam tersebut selama 3-5 hari supaya mikroorganisme yang berpotensi mengganggu pertumbuhan bibit mati.
Siapkan pot, pada bagian dasarnya tata pecahan genting atau bata hingga tertutup rata. Selanjutnya masukkan media tanam hingga setengah pot, lalu masukkan bibit, dan tambahkan kembali media tanam hingga kurang lebih 2 cm sebelum bibir pot sambil sedikit dipadatkan. Lalu siram secukupnya supaya media tanam lembab.

Melakukan penanaman sebaiknya di saat musim penghujan, karena asupan air akan dipenuhi oleh alam, serta udara sedang sejuk. Baik untuk perkembangan bibit baru yang sedang beradaptasi. Bila sudah satu minggu penanaman, bisa ditambahkan ajir atau tongkat penyangga. Hal ini bertujuan agar bibit jambu air air dalhari yang anda tanam dapat berdiri kokoh. Ajir bisa anda buat dari sebilah bambu atau bahan lain sesuai dengan yang mudah anda dapatkan di sekitar anda.

CARA MEMBUAT TABULAMPOT JAMBU AIR DALHARI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *