Anda menyukai buah jambu air dengan ukuran jumbo dan kadar air yang tinggi? Cobalah untuk megonsumsi jambu air bajang leang. Varietas jambu air ini terkenal dengan buahnya yang memiliki ukuran di atas rata-rata buah jambu air lainnya, serta rasa buah yang manis segar karena kandungan airnya yang tinggi. Bobot satu buah jambu air bajang leang bisa mencapai 3 ons. Buahnya ketika muda berwarna putih dengan semburat kehijauan, dan warna putih tersebut lambat laun akan berubah menjadi merah saat usia buah makin tua.

Gambar Jambu Air bajang leang

Pohon jambu air bajang leang banyak dibudidayakan di Indonesia. Pohonnya dapat tumbuh subur di daerah dengan ketinggian kurang dari 700 mdpl. Pohon akan mulai belajar berbuah di saat usia tanam mencapai tahun kedua. Bila anda tak memiliki lahan yang luas namun ingin menanam pohonnya anda tak perlu khawatir. Karena pohon jambu air bajang leang pun dapat di tanam di dalam pot, sehingga tidak membutuhkan lahan luas untuk menanamnya.

Dibutuhkan pot dengan diameter minmal 50 cm untuk menanam bibit jambu bajang leang. Pot harus dilengkapi dengan lubang drainase pada dasarnya. Pastikan bibit yang akan anda tanam merupakan bibit yang sehat, terbebas dari berbagai penyakit maupun virus. Karena satu bagian terjangkit, maka bisa jadi menular ke bagian-bagian lainnya. Selanjutnya persiapkan media tanam yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan tanah berhumus dengan pH 6. Lalu campur tanah tersebut dengan sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 2 : 2. Diamkan media tanam tersebut selama 3-5 hari supaya mikroorganisme yang berpotensi mengganggu pertumbuhan bibit mati.

Siapkan pot, pada bagian dasarnya tata pecahan genting atau bata hingga tertutup rata. Selanjutnya masukkan media tanam hingga setengah pot, lalu masukkan bibit, dan tambahkan kembali media tanam hingga kurang lebih 2 cm sebelum bibir pot sambil sedikit dipadatkan. Lalu siram secukupnya supaya media tanam lembab.

Melakukan penanaman sebaiknya di saat mmusim penghujan, karena asupan air akan dipenuhi oleh alam, serta udara sedang sejuk. Baik untuk perkembangan bibit baru yang sedang beradaptasi. Bila sudah satu minggu penanaman, bisa ditambahkan ajir atau tongkat penyangga. Hal ini bertujuan agar bibit jambu air bajang leang yang anda tanam dapat berdiri kokoh. Ajir bisa anda buat dari sebilah bambu atau bahan lain sesuai dengan yang mudah anda dapatkan di sekitar anda.

CARA TABULAMPOT JAMBU AIR BAJANG LEANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *