Sambung Susu – Beberapa orang yang masih awam atau bukanlah pecinta tanaman pasti bingung saat mendengar salah satu cara memperbanyak tanaman dengan nama teknik sambung susu. Padahal, teknik sambung susu merupakan salah satu cara memperbanyak tanaman yang bisa dibilang akan mengahasilkan pohon yang cepat berbuah, bila proses yang dilakukan tepat. Cukup menunggu 3 bulan anda sudah bisa menikmati manisnya masa panen. Teknik ini dinamakan sambung susu karena pada saat memperbanyak tanaman bagian batang atas disambungkan dengan cara seperti “digendongkan” atau “disusukan” keada batang bawah.

sambung susu
sambung susu

Teknik sambung susu sebagai salah satu cara untuk memperbanyak tanaman termasuk teknik yang memiliki presentase kesuksesan tinggi, mencapai 90%. Hal ini disebabkan karena batang bawah dan batang yang akan dijadikan bagian atas masih dalam keadaan hidup. Sehingga, pada saat proses penyambungan berlangsung pun kedua batang tersebut masih bisa memproduksi makanan mereka masing-masing.

Baca Juga : TEKNIK SAMBUNG PUCUK PADA BIBIT RAMBUTAN BISA DILAKUKAN

Proses pelaksanaan teknik sambung susu untuk memperbanyak tanaman membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 hingga 2 bulan. Untuk mendapatkan bibit yang baik, pada saat melakukan teknik sambung susu anda harus mempersiapkan bibit yang memiliki kondisi batang bawah sangat baik. Bibit tersebut bisa anda pilih yang merupakan hasil perbanyakan generative salah satunya melalui biji. Karena tanaman yang diperbanyak melalui biji biasanya akan memiliki akar yang kokoh, karena memiliki akar tunggang.

cara sambung susu
cara sambung susu

Melakukan teknik sambung susu membutuhkan ketelatenan dan harus teliti karena prosesnya sedikit rumit. Siapkan bibit yang akan anda jadikan batang bawah. Pastikan dalam kondisi sehat. Iris kulit pada bagian yang hendak disambungkan (samping batang) pada batang atas da n bawah. Lalu satukan kedua bagian batang yang sudah diiris kulitnya, pastikan menempel tepat sehingga tidak ada bagian batang yang terbuka kulitnya. Lalu ikat sambungan tersebut menggunakan plastik es. Ikatlah secara merata, supaya tidak mencekik batang dan nantinya mengganggu proses pertumbuhan batang tersebut. Karena pada beberapa kasus, pengikatan yang tidak merata bisa menyebabkan sebagian plastic masuk ke dalam sambungan batang.

Ikatan plastic tersebut sebaiknya dibuka di usia 5 atau 6 bulan semenjak teknik sambung susu dilakukan. Selama ikatan plastic belum siap dilepas, anda bisa menopang tanaman dengan menggunakan ajir. Hal ini bertujuan agar sambugan tidak tergeser apabila ada pergerakan yang cukup kuat, misal terkena angin atau saat pohon dipindahkan. Jangan lupa untuk membuka ikatan plastik, karena apabila anda membiarkannya tanpa niatan untuk membuka, anda bisa menghambat perkembangan batang pohon. Karena plastic termasuk kuat dan tidak mudah putus walaupun batang membesar.

Sambung Susu- Perbanyakan Tanaman Dengan Menyusu Induknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *