Sambung Pucuk Kelengkeng – Anda tertarik untuk membudidayakan kelengkeng? Memperbanyak bibit kelengkeng sendiri di rumah bisa menjadi salah satu langkah untuk menekan harga produksi, lho. Proses perbanyakan bibit kelengkeng bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Untuk menghasilkan hasil maksimal bisa anda coba memperbanyak bibit dengan teknik sambung pucuk.

Teknik sambung pucuk merupakan teknik perbanyakn bibit yang menyambungkan batang bagian bawah yang berupa hasil perabanyakn generative, dengan batang atas yang unggul kualitasnya. Hal ini bertujuan untuk permuliaan varietas. Mula-mula anda harus mempersiapkan batang kelengkeng bagian bawah yag berasal dari varietas ynag perakarannya kuat. Bila anda berminat mengembangkan bagian bawah sendiri di rumah, anda bisa memulai langkah dengan menyemai biji kelengkeng.

sambung pucuk kelengkeng
sambung pucuk kelengkeng

Lakukan persemaian biji di polybag. Tanam biji di kedalaman tanah 2 sampai 3 cm. Pada saat biji mulai berkecambah, anda bisa melakukan penambahn nutrisi tanah menggunakan pupuk ZA 2 gram, dan NPK 2 gram. Pemberiannya berselang-seling steiap 2 minggu sekali. Apabila biji sudah tumbuh dan batangnya berdiameter 0,8 hingga 1,5 cm, tandanya bibit kelengkeng anda siap untuk diterapkan teknik sambung pucuk.

Potong batang bagian bawah setinggi 10 hingga 15 cm dari polybag, lalu sayat batang bawah menggunakan pisau yang sangat tajam dengan bentuk v. hal ini bertujuan supaya penyayatan cukup dilakukan sekali, sehingga tidak menimbulkan luka atau memar pada batang. Lalu sayat pangkal entres membentuk huruf v terbalik, agar nantinya pas saat disambungkan dengan batang bawah. Pilih entres dengan daun yang dewasa, tidak terlalu muda dan belum tua. Jangan lupa untuk menghilangkan daun pada entres agar bisa di sambung pucuk. Sambungkan bagian bawah dengan entres, pastikan sambungan tepat dan menempel. Lalu ikat menggunakan plastic es yang lentur dari bawah ke atas. Pastikan ikatan rapi dan rapat agar air tidak masuk.

Baca Juga : Sambung Sisip Sebagai Salah Satu Cara Perbanyakan Kelengkeng

Selanjutnya, tunas akan mulai muncul di usia 2-3 minggu. Saat tunas mulai tumbuh rimbun, tandanya anda sudah boleh melepas ikatan plastik pada sambungan yang telah di sambung pucuk. Selanjutnya, bibit kelengkeng harus anda beri nutrisi tambahan berupa pupuk ZA 2 gr dan NPK 2gr secara bergantian setiap 2 minggu sekali. Nantinya, saat benih tumbuh dengan tinggi tanaman 50 cm dan daunnya sudah tumbuh minimal 4 helai, anda bisa memindahkan bibit kelengkeng ke lahan luas.

Buah kelengkeng merupakan salah satu buah yang sangat potensial untuk dikembangkan. Memiliki rasa buah yang super nikmat, aromanya harum, dan menyegarkan membuatnya masuk ke dalam jajaran buah unggul. Kelengkeng termasuk buah musiman, sehingga pada waktu-waktu tertentu harga kelengkeng bisa melambung tinggi.

Sambung Pucuk – Salah Satu Cara Perbanyakan Kelengkeng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *