Cara Stek Durian – Siapa yang tak mengenal durian? Si raja buah ini tentu sangatlah dikenal baik oleh semua orang. Meski kulitnya berduri, namun siapa sangka isi di dalamnya sungguhlah harum dan sedap! Daging buahnya berwarna putih hingga kuning dengan tekstur lembut dan aroma khas yang disukai oleh banyak orang.

buah durian

Menilik harga jualnya yang cukup tinggi, kini mulai banyak orang yang melakukan budidaya buah durian. Apakah anda salah satunya? Membudidayakan durian juga bukanlah hal yang sulit, bibitnya pun sudah mudah didapat. Namun, bila anda memiliki pohon indukan yang kualitasnya unggul, ada baiknya anda memperbanyak pohon tersebut menjadi bibit durian baru, lalu dibudidayakan. Salah satu cara memperbanyak bibit buah durian yang bisa anda terapkan untuk mendapat bibit dengan sifat identic dengan indukannya adalah teknik stek.

Teknik stek merupakan teknik memperbanyak tanaman secara vegetatif dengan cara memotong batang dari indukan lalu menanamnya kembali di media tanam hingga batang dapat tumbuh besar menjadi pohon dengan kualitas sama.

Cara memperbanyak bibit durian dengan metode stek bisa anda awali dengan memilih batang yang akan anda gunakan. Ambillah batang dari ranting yang muda dan lakukan pemotongan batang pada pukul 06.00-08.00. hal ini disebabkan pada waktu tersebut produksi getah sedang mencapai titik maksimum.

Setelah memilih ranting muda, anda bisa potong ranting tersebut di bagian antar daun. Dari bagian ujung ranting, hingga tangkai daun ke 6. Pada tiap ruas potongan batang tersebut disertai satu tangkai daun. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pisau tajam agar pada saat proses pemotongan batang tidak terjadi luka yang terlalu banyak pada batang. Bila tiap tangkai ditumbuhi daun dalam jumlah banyak, anda bisa memangkasnya hingga menyisakan 2 sampai 3 helai daun saja. Selanjutnya, ruas-ruas potongan tersebut bagian bawahnya dicelupkan pada larutan auksin selama 1 hingga 2 menit. Hal ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan akar pada batang.

Kemudian, siapkan media tanam berupa pakis halus atau mos. Sterilkan media tanam terlebih dahulu menggunakan air panas. Setelah itu, anda bisa memasukkan media tanam ke dalam gelas plastik dengan ukuran kurang lebih 1/3 gelas. Anda dapat menyiram media tanam di setiap gelas menggunakan hormone auksin. Setelah media tanam siap, tancapkan batang stek pada media tanam. Tutup gelas dan letakkan di tempat terang, namun terhindar dari sinar matahari langsung. Apabila media tanam sudah nampak kering, anda bisa melakukan penyiraman secukupnya hingga media tanah lembab.

gelas plastik pengganti pot dan polybag
gelas pengganti pot dan polybag

Tiga bulan setelah metode stek dilakukan, akar sudah mulai tumbuh dengan lebat. Pada keadaan seperti ini bibit sudah bisa anda pindahkan ke polybag yang sudah diisi media tanam berupa tanah yang dicampur kompos. Apabila bibit sudah ditumbuhi daun dengan jumlah cukup banyak, bibit durian hasil stek bisa mulai anda pindah tanamkan ke tanah kebun anda.

Bagaimana? Memperbanyak bibit durian menggunakan metode stek mudah bukan? Selamat mencoba!

CARA MEMPERBANYAK BIBIT DURIAN MENGGUNAKAN METODE STEK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *