4 Cara untuk Memperbanyak Bibit Alpukat


Perbanyakan bibit alpukat bisa dilakukan dengan beragam cara. Dengan memperbanyak bibit alpukat, maka bisa membudidayakan alpukat semakin banyak. Dengan demikian, jika Anda senang membudiyakan jenis tanaman ini, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara memperbanyak bibit alpukat berikut ini.

1.Cangkok Bibit Alpukat

Cara perbanyakan bibit alpukatyang pertama yaitu dengan mencangkok bibit alpukat. Melakukan cangkok ini merupakan cara yang banyak digunakan oleh sebagian besar orang. Hal ini dikarenakan banyak yang berhasil. Selain berhasil, hasilnya juga bagus.

Akan tetapi, sebelum melakukan cangkok, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Adapun hal tersebut diantaranya mempersiapkan bibit alpukat yang baik, mempersiapkan lahan untuk menanam, melakukan proses penanaman, melakukan perawatan tanaman, melakukan penyiraman. Memupuk hingga melakukan penyiangan tanaman.

2. Stek Bibit Alpukat

Stek ini adalah cara untuk memperbanyak tanaman secara vegetatif buatan. Stek dilakukan dengan memanfaatkan sebagian batang, akar atau daun untuk kemudian ditumbuhkan menjadi jenis tanaman baru.

Cara memperbanyak alpukat melalui stek ini ternyata lebih ekonomis, lebih mudah hingga tidak memerlukan ketrampilan khusus. Bahkan juga lebih cepat jika dibandingkan dengan cara memperbanyak tanaman melalui vegetatif buatan yang lainnya.

3. Okulasi Bibit Alpukat

Okulasi merupakan metode pembiakkan yang dilakukan dengan cara menempelkan tunas tanaman ke batang tanaman serta lainnya. Cara ini banyak disukai. Hal ini dikarenakan stek mampu menghasilkan bibit yang lebih baik dibandingkan dengan induknya.
Penanaman alpukat melalui stek ini banyak direkomendasikan, jika dibandingkan dengan penanaman melalui biji. Cara okulasi mampu menghasilkan bibit yang mampu berbuah lebih cepat. Hanya 3 tahun saja sudah bisa menghasilkan buah.

4. Sambung Pucuk Alpukat

Sambung pucuk merupakan metode penanaman yang banyak dipilih banyak orang. Dengan melakukan sambung pucuk, maka akan semakin cepat mendapatkan hasilnya. Manakala Anda ingin menanam tanaman dan mendapatkan hasil yang cepat, maka metode ini bisa menjadi pilihan bagi Anda nantinya.

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk melakukan sambung pucuk diantaranya, menyiapkan bibit utama, mempersiapkan bibit sambungan dan merawatnya manakala sudah disambung. Dengan penerapan yang tepat, tentu hasilnya juga semakin maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *