Merawat Jambu Kristal – Tekstur daging dari jambu kristal sangat renyah dan terasa gurih di lidah, jika kamu pernah memakan buah apel atau pir, rasanya tidak berbeda jauh dari dua buah tersebut.

jambu kristal
jambu kristal

Membicarakan tanaman jambu kristal tentu berkaitan dengan bagaimana merawat jambu kristal agar tetap menghasilkan buah yang berkualitas dan berkuantitas. Hal ini tentu menjadi impian semua petani jambu kristal, begitu juga denganmu. Berbeda dengan kebanyakan jenis jambu lainnya yang memiliki biji mencapai 80 persen dari daging buahnya. Jika kamu belum pernah mengonsumsi buah ini, saya sarankan agar sesegera mungkin membeli dan menikmatinya karena buah jamu kristal hanya memiliki biji hanya 3 persen dari bagian buahnya. Dengan begitu daging buah jambu kristal yang kamu konsumsi memiliki daging yang tebal.

Cara Merawat Jambu Kristal

Budidaya jambu kristal memerlukan perawatan yang kamu lakukan secara baik agar hasil yang kelak didapatkan sesuai impian. Saya sarankan agar kamu menanam jambu kristal di dalam pot dan harus disiram secara teratur agar tanaman tidak kering dan mati. Merawat jambu kristal harus kamu beri perhatian khusus untuk memeriksa adakah hama tanaman jambu yang menempel pada bunga atau pun di pohonnya. Untuk menjaga agar lahan tanaman jambu biji kristal tetap subur dan stabil, kamu perlu memberikan pupuk secara berkala dan teratur. Bila tiba masa pembungaan yang baru terjadi dan muncul di pucuk, pembuahannya sesuai dengan pola pertumbuhan serentak daun-daunnya.

Baca Juga: Jual Bibit Jambu Biji Kristal Super

Jika kamu tinggal di daerah tropis dan memelihara secara minimum, akan sering terjadi adanya panen raya dan panen tumbuhan yang jumlahnya sedikit, bertalian dengan banyak atau sedikitnya daun yang tumbuh secara serentak.

a) Penatalaksanaan

Penatalaksanaan bisa kamu lakukan dengan tujuan memaksimalkan panen raya dan memapankan daur pembuahan yang kurang dari satu tahun. Untuk itu, kamu harus memangkas dan mengompres pohon segera setelah panen untuk merangsang munculnya daun secara serentak dan menghasilkan buah untuk musim berikutnya. Mengingat masa pembungaan hingga masa panen berkisar 14 hingga 20 minggu yang ebrgantung kepada kultivarnya, maka daur pertumbuhannya selama 7 hingga 9 bulan.

b) Mewaspadai Hama

Soal hama saat merawat pohon jambu kristal, kamu perlu mewaspadai lalat buah dan kutu putih yang acapkali menghampiri pohon jambu kristal. Kamu bisa menggunakan insektisida organik menghalau kedua hama. Saya pernah membaca artikel yang membahas perawatan jambu kristal di Thailand, di sana pengairan selama musim kering dan pemangkasan ringan yang berulang-ulang sengaja dilakukan untuk memacu keluarnya pucuk pembungaan agar produksi dapat berlangsung sepanjang tahun. Nah, kamu bisa menggunakan metode tersebut agar panen sesuai dengan impianmu. Jika panen kamu daur sebagian besar menggunakan pupuk, silakan memberi pupuk dasar pada akhir saat panen, dan jika kamu merasa perlu, tambah dengan pemupukan melalui daun.

c) Pemberian Pupuk

Tahap selanjutnya dalam merawat pohon jambu kristal adalah pemberian pupuk daun. Bila kamu memanen tanaman secara terus-menerus, silakan memberikan pupuk dalam dosis yang kecil. Tahap pupuk daun yang saya sarankan kira-kira: 1,65% N, 0,26% P, 1,4% K, 1,25% Ca, dan 0,3% Mg. Pada pohon muda yang tampak subur, cabang-cabang utama dapat kamu bengkokkan kea rah bawah dan dipangkas untuk merangsang berseminya tunas-tunas lateral. Di awal musim berbuah selanjutnya, beberapa cabang yang subur dipotong untuk membiarkan terbentuknya struktur pohon terbuka. Setelah itu, saat pohon berbuah dengan baik, cabang-cabang akan cepat dewasa sehingga cabang-cabang yang menggantung dapat kamu pangkas agar tinggal ranting muda.

d) Pembungkusan Buah

Buah jambu biji dapat kamu bungkus setelah dilakukannya penjarangan. Perlakuan ini sangat penting karena akan mempertinggi kualitas buah dan melindunginya dari kehadiran lalat buah. Meski demikian, saat kantung plastik yang kamu gunakan mengembunkan uap air di dalamnya, buah harus dipanen dalam keadaan hijau untuk mencegah pembusukan. Kamu bisa menggunakan kantung karetas untuk keperluan tersebut.

kebun jambu kristal
kebun jambu kristal

Semoga informasi tentang merawat jambu kristal yang saya (infotanamanbuah.com) uraikan dapat menjawab segala pertanyaan seputar merawat tanaman. Sekian dari Infotanamanbuah.com, tetap setia mengunjungi laman kami, dan terima kasih. Sampai jumpa di lain waktu.

JUAL BIBIT JAMBU KRISTAL TANPA BIJI

Hubungi
085 729 777 657

-BIBIT BUAHKU-

Merawat Jambu Kristal agar Mudah Berbuah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *