Setiap tanaman buah-buahan yang tumbuh pasti memiliki hama tersendiri. Hama, atau yang biasa disebut gulma biasanya akan menyerang tumbuhan yang berbuah begitu ganasnya.

Tanaman berbuah yang diserang oleh gulma biasanya akan mengalami beberapa gangguan pertumbuhan. Gangguan itu bisa berupa buah menjadi bantet, buah membusuk, daun menjadi menguning, hingga daun pada tumbuhan berbuah mengalami kerontokan.

Dalam pohon duren misalnya. Saat buah duren terkena hama juga gejalanya seperti di atas. Bahkan lebih parah lagi, tanaman duriannya tiba-tiba menjadi mati. Baik itu jenis durian montong, atau jenis durian musangking akan mengalaminya. Lalu jenis hama apa saja yang biasanya menyerang tanaman durian. Berikut kami paparkan beberapa hama tanaman pada durian yang perlu kalian waspadai.

Kutu Loncat, Waspada Karena Bikin Daunnya Menjadi Pucat.

Sesuai nama hamanya. Penyakit pada durian yang satu ini disebabkan oleh kutu yang menghisap daun durian. Kutu loncat biasanya akan menghisap daun durian yang muda, dan masih berkuncup.

Akibat hama yang diulahi oleh kutu loncat daun durian akan mengalami layu. Sedangkan bagian ujung daun biasanya akan berbintik berwarna kecoklatan.

Bahkan lebih parah, kadang daunnya berlubang banyak. Jika serangan hama ini dibiarkan saja, bukan tak mungkin kalau tanaman duriannya akan menjadi mati.

Nah, supaya kutu loncat bisa dibasmi. Kalian tinggal siapkan saja insektisida sistemik seperti curacron, dursban pakai konsentrasi 0,2 %. Tapi ingat, takarannya jangan melebihi batas. Biar duren tidak mengalami resistensi.

Busuk Akar dan Batang, Hama yang Menyerang Bagian Akar dan Batang.

Hama kedua pada tanaman durian yang tak kalah mengerikan yaitu penyakit busuk akar. Penyakit busuk akar disebabkan oleh gulma Phyium Vekans dan uret atau ulat.

Durian yang terkena penyakit busuk akar biasanya ada bercak kemerah-merahan pada akar. Diagnosa yang lain, tanaman durian daunnya tiba-tiba berguguran.

Seperti ini kira kira penyakit yang menyerang batang karena uret:

Penyakit busuk akar cukup simplistis jika tak ditangani segera. Tanaman durian bisa mati seketika dalam durasi 3 bulan setelah serangan.

Nah, bagi kalian yang ingin membasmi hama ini. Kalian tinggal siapkan saja fungisida dengan komposisi zat etridiazole, fosetly alumunium, atau pakai metalaxy. Selain itu ada juga produk husus untuk uret yang sangat manjur seperti Supermeta. Dijamin tanaman durian yang kalian punyai akan sembuh.

Busuk Buah, Durian Kehilangan Aroma Wangi.

Yang khas dari buah durian yaitu bau wanginya yang sangat harum. Tapi bau wangi pada buah durian jika tanaman durian terkena busuk buah.

Yang menjadi pemicu mengapa durian terkena penyakit busuk buah yaitu karena adanya jamur Phytophhthora Palmivora yang menempel pada dikotil tanaman durian. Akibatnya, durian yang terkena jamur ini buahnya beraroma busuk, dan berwarna kehitam-hitaman pada kulit buah.

Karena penyakit ini bisa membuat petani durian gagal panen. Maka kita harus membasminya. Nah, supaya jamur Phytophhthora Palmivora bisa mati. Kalian semprotkan saja fungisida. Sementara saat penyemprotan berlangsung. Kalian petik saja buah yang telah membusuk biar tak menjalar kemana-mana.

Daging Buah Tidak Empuk, Tapi Teksturnya Keras.

Penikmat durian pasti akan memilih durian yang memiliki tekstur lembut. Tapi nyatanya ada lho, durian yang ternyata dagingnya bertekstur keras.

Durian yang buahnya keras ada banyak faktor penyebabnya. Mulai disebabkan karena kurangnya zat magnesium, sampai kurangnya zat kalium. Tapi bisa jadi buah durian dagingnya keras karena kualitas benihnya yang baik. Kalau betul kualitas benihnya jelek. Silahkan kalian bisa membeli benih durian di jualbenihmurah.com. Di situs ini kalian bisa pesan aneka bibit durian mulai dari durian montong hingga durian musangking. Dijamin daging buah duriannya empuk di lidah.

Kata Terkait :

penyakit durian, penyakit pohon durian, penyebab penyakit durian, apa saja penyakit durian, mengatasi penyakit durian, obat penyakit durian, cara mengobati penyakit durian, penyakit durian kangker batang, penyakit durian kanker akar

JUAL BIBIT DURIAN UNGGUL

Hubungi 085 729 777 657

-Bibit Buahku-

Empat Penyakit Pada Durian, Nomor Empat Bisa Jadi Karena Kualitas Benihnya yang Buruk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *