Manfaat Buah Bit – Umbi bit, atau di Indonesia akrab disapa buah bit merupakan salah satu umbi yang sangat kaya akan manfaat. Buahnya berbentuk seperti bengkuang, dengan ukuran yang beragam bergantung jenisnya, dengan berat berkisar dari 100 gram hingga mencapai 500 gram. Buah bit bisa dengan mudah anda temukan di swalayan, ataupun di pasar yang berada di daerah dataran tinggi. Harganya beragam, mulai dari 30.000-60.000 rupiah per-kilogramnya. Namun, anda bisa mendapatkan buah bit dengan harga lebih miring bila membelinya langsung di petani buah bit. Bisa hemat hingga separuh harga supermarket.

manfaat buah bit
manfaat buah bit

Buah bit disarankan oleh pakar kesehatan dan gizi untuk banyak dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Dengan mengonsumsi setengah cup buah bit, anda sudah dapat memenhi 17% asupan asam folat harian yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, masih banyak lagi manfaat mengonsumsi buah bit. Di antaranya sebagai berikut :

1. Meningkatkan asupan oksigen pada darah
Kandungan nitrat pada buah bit, dipercaya dapat membantu pembuluh darah melebar, sehingga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen menjadi lebi lancer ke titik-titik yang membutuhkan.

2. Mengobati diabetes
Kandungan asam alpha-lipoic pada buah bit terbukti dapat membantu menurunkan kadar glukosa pada tubuh manusia. Hal ini sangat baik untuk penderita diabetes. Selain itu, buah bit juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Bagi penderita diabetes, bisa mengonsumsi buah bit dengan cara dikukus saja, atau dibuat jus namun selalu ingat untuk tidak menambahkan gula di dalamnya, ya!

3. Menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit jantung
Karena kandungan nitrat mampu membantu oksigen terdistribusi dengan baik pada tubuh, maka buah bit tentu juga baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Buah ini juga tidak mengandung kolesterol, sehingga dengan mengonsumsi buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Mengurangi peradangan pada tubuh
Zat Kolin terdapat pada buah bit. Zat tersebut dapat membantu untuk mempertahankan struktur membrane sel pada tubuh, menyerap lemak jenuh, dan yang terpenting adalah menekan resiko peradangan.

5. Mengobati kanker
Pigmen merah betacyanin pada buah bit dipercaya dapat mengurangi kemampuan sel kanker untuk berkembang. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi juga dapat membantu penderita kanker untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa lebih kuat dalam menjalani berbagai pengobatan medis.

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada buah bit tentu dapat menyehatkan pencernaan anda. Anda bisa memadukan buah bit dengan sayur mayur atau buah lainnya.

Mengonsumsi buah bit secara rutin memang sangat baik untuk tubuh. Namun yang perlu anda ingat, konsumsilah sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Karena apabila mengonsumsinya dalam ukuran yang berlebihan, buah bit dapat menurunkan kadar kalsium dan dapat menurunkan fungsi kerja ginjal anda.

MANFAAT MENGONSUMSI BUAH BIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *