JUAL BIBIT KURMA BARHEE – Bagi sebagian orang, melihat pohon kurma tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia mungkin dirasa sebagai kemustahilan. Namun, dengan pesatnya perkembangan teknologi, dewasa ini sudah banyak tumbuh dan berbuah tanaman kurma di daerah tropis. Tanaman kurma yang dapat tumbuh di Indonesia merupakan bibit buah yang berasal dari kultur jaringan. Kelebihan tanaman kurma yang berasal dari kultur jaringan adalah soal kepastian berbuah dari tanaman tersebut. Memiliki besaran probabilitas 50-70% merupakan pohon betina. Namun bukan berarti pohon jantan tidak berguna. Pohon jantan dapat berfungsi untuk memperbaiki kualitas pohon betina. Untuk sementara ini varietas yang tersedia untuk kurma kultur jaringan adalah Ajwah, Medjool, Khalash, dan Barhee.

Jual Bibit Kurma Barhee
Dompolan Besar Buah Kurma Barhee Yang Sudah Matang
Jual Bibit Kurma Barhee
Bibit Kurma Barhee dari Perbanyakan Kultur Jaringan

Buah Kurma Barhee termasuk dalam golongan buah kurma lunak. Berbentuk hampir silinder, berwarna kuning sawo terang ketika muda, dan akan berubah mnejadi coklat tua ketika matang. Memiliki tekstur yang lembut dan daging buah yang tebal. Rasa manisnya kaya dan cocok sekali untuk dikeringkan layaknya kismis dari buah anggur.
Tanaman kurma memiliki tingkat adaptasi tinggi terhadap tanah yang miskin unsur hara sekalipun, sehingga tak perlu menyiapkan tanah khusus untuk membudidayakan tanaman kurma ini. Bibit Kurma Barhee dengan tinggi 25-40 cm dengan jumlah daun 4-6 helai sudah cukup tahan untuk dibudidayakan langsung di lahan. Bibit Kurma Barhee dari perbanyakan kultur jaringan mampu berbuah saat pohon berusia 3-4 tahun dan memiliki sifat yang sama dengan indukannya. Sehingga sangat cocok untuk dikebunkan dalam jumlah besar. Sedangkan untuk bibit yang berasal dari biji membutuhkan waktu 2-3 tahun lebih lama, dengan ketidakpastian bibit merupakan bibit jantan atau betina. Tanaman Kurma Barhee kultur jaringan memiliki tinggi kurang lebih 1 meter saja, di setiap pohon bisa bergelayut 5-10 tandan buah kurma. Bobotnya 5-10kg per tandan.

Kelembaban yang tinggi di negara tropis memicu timbulnya penyakit yang disebabkan oleh cendawan. Hal itu dapat dihindari dengan cara menyemprotkan larutan 1 sendok makan sabun cair dengan 1 liter air ke seluruh permukaan daun. larutan tersebut membuat cendawan melekat kuat dan ketika hujan datang akan rontok. Menerapkan penanaman longgar yang bertujuan supaya sinar matahari bebas masuk juga dapat menekan keberadaan cendawan, sehingga panen buah aman.

Di Asia Tenggara sendiri beberapa negara sudah mulai menunjukkan geliatnya dalam pembudidayaan kurma, contohnya di Thailand dan Malaysia. Mengingat iklim kedua negara tersebut sangat mirip dengan negara kita, dan ditunjang dengan kesuburan tanah kita yang melebihi mereka, maka bukan hal mustahil untuk membudidayakannya juga di Indonesia, mengingat nilai ekonomis buah kurma sendiri sangat tinggi, dan dapat digunakan sebagai bahan makanan sepanjang masa.

HARGA BIBIT KURMA BARHEE KULTUR JARINGAN

Hubungi
085 729 777 657

BIBIT BUAHKU

Jual Bibit Kurma Barhee (Kultur Jaringan dan Biji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *