Tips memilih bibit jeruk yang berkualitas baik


Tempat budidaya bibit jeruk di tempat jual jeruk Kintan menghadirkan beragam bibit tanaman buah salah satunya tanaman jeruk. Bibit yang siap ditanam memiliki beragam manfaat. Bibit yang akan di tanam setelah beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian. Untuk itu, maka sangat penting sekali untuk memilih bibit yang memiliki kualitas yang baik.

buah jeruk kintan


Hal tersebut dikarenakan, bibit yang kurang bagus akan berakibat fatal, bukan hanya kerugian ekonomi saja akan tetapi juga kerugian tenaga serta waktu. Untuk itu maka beberapa hal berikut ini perlu Anda perhatikan manakala hendak membeli bibit jeruk.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli bibit jeruk

  1. Memperhatikan daunnya
    Langkah pertama yang harus Anda lihat q pada bibit yang baik, memiliki warna daun hijau cerah atau puncaknya berwarna hijau atau merah muda. Manakala sedang stagnan, maka daunnya tetap terlihat dan segar. Untuk itu, ketika hendak membeli bibit, terlebih dahulu lihatlah bagaimana daunnya. Apakah kondisinya bagus atau tidak.
    Selain itu, bandingan juga ukuran daunnya. Apakah tampak besar atau justru mengecil. Perhatikan juga apakah terdapat bekas serangan hama atau penyakit.
  2. Memperhatikan bagian batang
    Tips kedua manakala Anda membeli bibit jeruk Kintan maka perlu diperhatikan juga bekas sambungan bibit. Jika ternyata terdapat benjolan di sambungan menandakan tidak adanya ketidakcocokan antara batang bawah dengan batang atas. Perlu Anda ketahui, batang atas harus tegak menghadap ke atas dan tidak boleh bengkok atau menunduk ke bawah.
  3. Perhatikan bagian akar
    Selain daun dan batang bibit. Perhatikan juga media tanam yang digunakan pada bibit tersebut. Apakah campuran yang digunakan, serta Anda juga bisa mencoba untuk membongkar apakah terdapat akar serabut. Bibit buah yang subur, rasanya penuh akan akar serabut.
  4. Memperhatikan bagian buahnya
    Hal terakhir yang harus diperhatikan yaitu pada bagian buahnya. Lihatlah apakah sudah berbuah atau belum. Kemudian perhatikan juga, apakah daunnya rontok dan bentuk buahnya sempurna atau tidak. Bibit buah yang bagus memiliki bentuk buah sempurna. Yaitu bentuk buah yang tidak berulat dan tidak mengecil serta warna buahnya cerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *