Tips Budidaya Tanaman Buah Mangga

Kenikmatan buah mangga tentunya sudah tidak asing lagi di lidah kita. Buah tropis dengan bentuk lonjong ini memiliki daging buah yang lembut menyegarkan dan rasanya ada yang manis dan ada pula yang disisipi rasa masam segar.Di Indonesia, menikmati buah mangga bisa dilakukan dengan beragam cara, bisa dengan cara dimakan segar, diolah menjadi jus, puding, atau bahkan buahnya yang muda diolah menjadi rujak yang sangat menyegarkan.

Pohon buah mangga sangatlah mudah tumbuh di Indonesia karena iklimnya sesuai. Di beberapa daerah bisa dengan mudahnya anda temukan pohon mangga berbagai jenis tumbuh berderet-deret di setiap halaman rumah. Tak ayal, persediaan buah mangga di Indonesia pun tidak sedikit. Kita bisa dengan mudahnya membeli di saat musimnya tiba.

Menanam pohon mangga bila menginginkan buah yang unggul dan cepat berbuah baiknya menanam bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif seperti cangkok. Bibit juga harus dalam keadaan sehat, tidak ada bagian yang terjangkit penyakit maupun hama. Anda bisa mendapatkan bibit yang dengan cara membuat sendiri cangkokannya, atau bisa juga membeli di toko bibit buah.

Lahan yang digunakan untuk menanam bibit mangga baiknya dalam keadaan gembur. Bila lahan anda termasuk lahan yang tanahnya padat, bisa anda lakukan pencangkulan terlebih dahulu sebelum lahan ditanami. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan ukuran 30×60 cm dengan kedalaman 60 cm. Masukkan media tanam berupa campuran tanah subur dan pupuk kandang hingga mengisi setengah volume lubang tanam yang anda buat, lalu istirahatkan selama kurang lebih 3 hari, barulah lubang tanam siap ditanami bibit mangga. Pindahkan bibit dengan melepas polybag terlebih dahulu, letakkan pada lubang tanam, lalu tutup kembali dengan menggunakan media tanam sambil sedikit dipadatkan supaya bibit tidak mudah goyah. Bila menanam bibit mangga dalam jumlah banyak, buatlah lubang tanam dengan jarak minimal 10 meter di setiap lubangnya. Karena kelak pohon mangga akan tumbuh menjadi pohon yang besar.

Penyiraman bisa anda lakukan setiap dua kali di setiap harinya, pagi dan sore hari. Selain itu, penambahan nutrisi sangatlah penting supaya pohon mangga anda tumbuh baik dan sehat. Bisa diberikan pupuk anorganik seperti NPK daun atau bunga sesuai kebutuhan setiap 2 minggu sekali, dan pupuk organik setiap 1 bulan sekali. Bila sudah nampak gulma atau rumput tumbuh di sekitar pohon mangga anda, segera siangi, supaya nutrisi untuk pohon mangga anda tidak terserap oleh gulma.

Tips Budidaya Tanaman Buah Mangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *