9 Alasan Memilih Tanam Kelengkeng New Kristal – salah satu buah yang banyak digemari semua kalangan masyarakat Indonesia dan tergolong jenis buah eksklusif adalah buah Lengkeng atau juga sering disebut kelengkeng. Namun sayangnya sampai saat ini kebutuhan masyarakat Indonesia akan buah lengkeng belum tercukupi dari hasil produksi pohon klengkeng dalam negeri sehingga masih harus import dari negara lain, salah satunya Thailand.

Perlu adanya kesadaran masyarakat untuk mengambil peluang usaha ini, selain mengurangi jumlah import kelengkeng juga mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Tidak harus mempunyai kebun yang luas untuk membudidayakan lengkeng, dengan menanamnya di halaman rumah beberapa pohon saja, anda akan mendapatkan keuntungan besar. Lalu kelengkeng apakah yang tepat untuk dikembangkan. Tentu sesuai dengan judul, Kelengkeng New Kristal atau juga disebut Lengkeng Kristal 2 ini merupakan jenis yang sangat untuk dikebunkan baik didataran tinggi maupun dataran rendah. Meskipun saat ini banyak sekali jenis lengkeng yang ada di Indonesia, seperti Kelengkeng Hawae atau Mata lada yang memiliki biji yang sangat kecil, lengkeng merah (rubby) yang memiliki keunikan pada kulit buah dan daunnya yang berwarna merah, lengkeng pingpong yang memiliki ukuran buah yang sangat besar, lengkeng diamond, lengkeng kinglong, lengkeng itoh, lengkeng satu jari , lengkeng aroma durian, dan masih banyak lagi.

Kelengkeng new kristal merupakan kelengkeng dataran tinggi namun mampu tumbuh dan berbuah dengan maksimal didaerah dataran rendah, dengan pemberian booster atau obat perangsang buah. Kelengkeng new kristal tergolong kelengkeng yang genjah karena produktivitas pohonnya sangat tinggi. Disisi lain, buah kelengkeng new kristal juga sangat digemari masayarakat karena daging nya yang tebal, rasanya yang sangat manis, serta tekstur dagingnya agak renyah tidak berair (becek). Sebelum anda mengambil langkah untuk mengembangkannya kelengkeng kristal 2, perlu anda ketahui lebih jelasnya, apa alasan anda memilih kelengkeng jenis new krital?.

Berikut ini adalah 9 alasan mengapa anda memilih kelengkeng jenis new kristal atau kelengkeng kristal 2 untuk dikembangkan

1. Tidak Perlu Menunggu Lama untuk Berbuah

Kelengkeng new kristal mampu berbuah diusia tanaman antara 2.5 tahun sampai 3.5 tahun, meski mampu berbuah diusia tersebut namun lebih idealnya lengkeng new kristal dibuahkan saat pohon berusia 4 tahun. Dengan catatan pohon lengkeng yang ditanam bukan dari biji melainkan dari bibit yang terjamin kwalitasnya. Seperti apakah bibit yang berkwalitas baik,? Saat pohon berusia 4 tahun, batang dan ranting sudah sangat kuat untuk menopang buah nantinya, hal ini perlu diperhatikan karena dengan perawatan yang benar, dompolan lengkeng new kristal bisa mencapai 4kg / rantingnya. Sehingga jika ranting atau cabang belum kuat untuk menopang dompolan buah, dikhawatirkan akan patah meski bisa diberikan anjir atau tiang penopang. baca juga cara membuahkan lengkeng new kristal.

alasan memilih tanam kelengkeng new kristal
Pohon Lengkeng New Kristal yang di Topang dengan Tiang Saat Berbuah

2. Produktivitas Tinggi

Pohon kelengkeng new kristal yang sudah dibuahkan saat berumur 3.5 tahun mampu memproduksi buah antara 20 kg – 40 kg / pohon. Usia tersebut sudah cocok dibuahkan, dan ukuran pohonnya pun belum terlalu besar, rata-rata tinggi 2m up namun sudah mampu memproduksi buah dengan rata-rata 30kg/pohon. Semakin tua umur pohon, semakin tinggi jumlah produktivitasnya. Diusia 5 tahun pohon mampu memproduksi buah dengan berat rata-rata 60kg/pohon. Denagn catatan, pohon mendapatkan perawatan yang baik. Baca juga cara merawat pohon lengkeng.

3. Ukuran Buah Besar

Kelengkeng new kristal memiliki ukuran buah yang cukup besar, lebih besar dari buah lengkeng pada umumnya. Diameter buah kelengkeng new kristal rata-rata 3 cm, tergantung perawatan pada pohon tersebut. Jika anda tidak merawatnya dengan baik maka ukuran buahnya pun bisa dipastikan akan lebih kecil. Selain ukuran buahnya yang besar, daging buahnyapun juga tebal degan persentase daging yang bisa dikonsumsi adlah 75%-80%. Hal ini dikarenakan biji kelengkeng new kristal berukuran kecil.

alasan memilih tanam kelengkeng new kristal
Buah Besar, Tebal dan Tidak Becek

4. Rasa Buahnya Yang Nikmat

Kelengkeng new kristal memiliki rasa buah yang manis, tingkat kemanisan buah mencapai 21 briks. Daging buahnya juga tidak lembek atau berair, daging buah lengkeng new kristal tebal, agak renyah, nglotok atau tidak menempel pada bijinya, serta tidak berair. Ini adalah jenis lengkeng yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

5. Harga Jual Buah Tinggi

Harga jual buah lengkeng new kristal lebih mahal dari buah kelengkeng import dan kelengkeng lokal. Hal tersebut karena kwalitas buah, meskipun pembeli tidak tahu dan juga tidak memilih jenis buah kelengkeng yang kan dibeli, namun dari penampakan buah secara kasat mata, buah kelengkeng new kristal mampu menarik pembeli. Harga jual buah kelengkeng new kristal dari petani antara Rp 15.000 sampai Rp 25.000, tergantung kwalitas dan jumlah ketersediaan barang dipasaran buah. Namun untuk agrowisata dimana pengunjung kebun bisa memetik buah kelengkeng new kristal langsung dari pohonnya, harga bisa mencapai Rp 40.000 – Rp 50.000 (sampai artikel ini ditulis). Terutama pohon yang 100% organik, tanpa adanya pemberian pupuk kimia pada tanaman.

6. Tanaman Mudah Diperbanyak

Kelengkeng new kristal merupakan jenis kelengkeng yang mudah untuk diperbanyak, baik itu secara cangkok, sambung pucuk, sampung sisip, tempel atau okulasi. Apalagi permintaan bibit sampai saat ini terus meningkat, sehingga kesempatan anda untuk menjual bibit kelengkeng new kristal juga terbuka lebar selain menjual buah yang diproduksi dari pohon.

7. Berbuah Tanpa Musim

Untuk emembuahkan kelengkeng new kristal anda tidak perlu menunggu musim kelengkeng tiba, hal ini dikarenakan kelengkeng new kristal berbuah dengan cara diberi obat perangsang buah (booster), sehingga kapanpun anda inginkan untuk dibuahkan, kelengkeng ini bisa berbuah. Dengan beberapa syarat usia pohon sudah siap untuk dibuahkan, daun sudah tua atau tidak sedang mupus, pohon sehat dsb. Baca juga kapan waktu yang tepat untuk membuahkan kelengkeng new kristal.

8. Cocok Di Dataran Rendah Maupun Tinggi

Kelengkeng new kristal merupakan kelengkeng dataran Tinggi, namun kelengkeng new kristal juga cocok untuk dikembangkan didataran rendah. Didataran tinggi kelengkeng jenis ini mampu berbuah meski tanpa dibosster, namun pemberian obat perangsang buah mampu memaksimalkan produktivitas pohon. Sedangkan didatarn rendah, kelengkeng new kristal tidak bisa berbuah tanpa dibooster, pemberian booster mutlak dilakukan. Namun pertumbuhan pohon kelengkeng jenis ini didataran rendah lebih cepat dibandingkan didataran tinggi, dengan sayarat nutrisi dan makanan tercukupi. Hal ini dikarenakan proses fotosintesis pohon lebih maksimal.

alasan memilih tanam kelengkeng new kristal
Perkebun Kelengkeng New Kristal/ Kristal 2

9. Bunga Tidak Mudah Rontok

Kita tahu bahwa bunga kelengkeng sangat mudah rontok saat musim hujan, karena bunga terkena air hujan dan angin. Begitupula pada jenis kelengkeng itoh, puangray dll. Bunga yang tersisa saat terkena air hujan dan angin hanya mencapai 40%-50%. namun lain halnya pada bunga kelengkeng new kristal. Bunga yang tersisa saat terkena air hujan dan angin mampu mencapai 75%, hal ini dikarenakan bunga pada lengkeng new kristal sangat kuat. oleh karena itu banyak pembudidaya yang membuahkan kelengkeng new kristal meski saat musim penghujan. Baca juga Cara mudah membuahkan Kelngkeng New kristal dan Itoh

Itulah 9 alasan mengapa memilih menanam kelengkeng new kristal. Namun dari kesemua itu, langka awal yang perlu anda perhatikan adalah tahap memilih bibit, karena jika dalam tahap awal ini anda salah maka akibatnya produktivitas dan pertumbuhan pohon tidak kan maksimal. Beberapa hal terkait bibit yang perlu anda perhatikan adalah, teknik perbanyakan bibitnya, ketinggian atau usia bibit, kesehatan bibit dilihat dari daunnya, kwalitas bibit dilihat dari batang bawahnya, dan juga jrak antar mata tunas perlu diperhatikan karena ini akan mempenagringi beberapa hal. Untuk lebih jelasnya silakan baca cara memilih bibit kelengkeng new kristal yang bagus.

alasan memilih tanam kelengkeng new kristal
Bibit Kelengkeng New Kristal Kami Berkwalitas Prima

Untuk membantu anda mendapatkan bibit yang berkualitas, kami menyedikan bibit kelengkeng new kristal atau kristal 2 ini dengan harga terjangkau, kwalitas terjamin, serta bergaransi. Dalam setiap pembelian bibit kami sertakan juga cara penanganan serta cara penanaman.kami melayani pengiriman keseluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan silakan hubungi Customer Service kami. Salam hijau untuk bumi Indonesia

9 Alasan Memilih Tanam Kelengkeng New Kristal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *